Kiai Haji Abdullah bin Nuh

(1905-1987)

Kiai Haji Abdullah bin Nuh (Cianjur, Jawa Barat, 30 Juni 1905-Bogor, 26 Oktober 1987) adalah seorang ulama terkenal, sastrawan, penulis, pendidik, dan pejuang. Sejak kecil Abdullah bin Nuh memperoleh pendidikan agama Islam dari ayahnya, KH. Raden Nuh, seorang ulama di kota Cianjur. Di samping itu, ia masuk sekolah I’anat at-Thalib al-Miskin yang didirikan oleh ayahnya. Dengan pendidikan tersebut ia mampu berbicara dalam bahasa Arab. Pada usia yang relatif muda ia sudah menghafal kitab Nahwu Alfiah (nahwu/tata bahasa berbait seribu) di luar kepala. ia juga mempelajari sendiri bahasa Inggris.

Pada masa mudanya Abdullah bin Nuh aktif mengajar di Hadramaut School, sekaligus menjadi redaktur Hadramaut, majalah mingguan edisi bahasa Arab di Surabaya (1922-1926). Karena kemampuannya dalam berbahasa Arab, pada tahun 1926 ia dikirim belajar ke Fakultas Syariah Universitas al-Azhar (Cairo) selama dua tahun. Sekembali dari Cairo ia mengajar di Cianjur dan Bogor (1928-1943).

Ketika perjuangan kemerdekaan Indonesia memuncak, Abdullah bin Nuh terjun langsung ke kancah perjuangan. Dia menjadi anggota Pembela Tanah Air atau Peta (1943-1945) untuk wilayah Cianjur, Sukabumi dan Bogor. Sekitar tahun 1945-1946 dia memimpin Badan Keamanan Rakyat (BKR) dan Tentara Keamanan Rakyat (TKR). Pada tahun 1948-1950 dia menjadi anggota Komite Nasional Pusat (KNIP) di Yogyakarta, di samping sebagai kepala seksi siaran berbahasa Arab pada Radio Republik Indonesia (RRI) Yogyakarta dan dosen luar biasa pada Universitas Islam Indonesia (UII).

Pada tahun 1950-1964 Abdullah bin Nuh memegang jabatan sebagai kepala siaran bahasa Arab pada RRI Jakarta. Kemudian dia menjabat Lektor Kepala Fakultas sastra Universitas Indonesia (1964-1967). Tahun 1969 dia mendirikan majlis al-Ghazali dan Pesantren al-Ihya di Bogor. Di kedua tempat pendidikan ini ia berfungsi sebagai sesepuh.

Di Bogor, Abdullah bin Nuh aktif melaksanakan kegiatan dakwah Islamiah dan mendidik kader-kader ulama. Dia juga menyempatkan diri untuk menghadiri pertemuan dan seminar-seminar tentang Islam di beberapa negara, antara lain di Arab Saudi, Yordania, India, Irak, Iran, Australia, Thailan, Singapura, dan Malaysia. Ia juga ikut serta dalam Konferensi Islam Asia Afrika (KIAA) sebagai anggota panitia dan juru penerang yang terampil dan dinamis.

Keistimewaan Abdullah bin Nuh sebagai ulama adalah kemampuannya menciptakan syair Arab dalam berbagai bentuk dan tujuan, seperti syair pujian dan ratapan. Syair-syairnya telah dihimpun dalam Diwan Ibn Nuh, berupa qasidah (118 qasidah) yang terdiri dari 2.731 bait. Semuanya digubah dalam bahasa Arab fusha (fasih) yang bernilai tinggi.

Karya tulis Abdullah bin Nuh yang terkenal adalah Kamus Indonesia-Arab-Inggris yang disusun bersama Oemar Bakry. Karya-karyanya yang ditulis dalam bahasa Arab antara lain adalah al-Alam al-Islami (Dunia Islam), Fi Zilal al-Ka’bah al-Bait al-Haram (Di Bawah Lindungan Ka’bah), La Taifiyata fi al-Islam (Tidak Ada Kesukuan Dalam Islam), Ana Muslim Sunniyyun Syafi’iyyun (Saya Seorang Islam Sunni Pengikut Syafi’i), Mu’allimu al-‘Arabi (Guru Bahasa Arab), dan al-Lu’lu’ al-Mansur (Permata yang bertebaran). Adapun karangannya yang ditulis dalam bahasa Indonesia adalah Cinta dan Bahagia, Zakat Modern, Keutamaan Keluarga Rasulullah Saw., dan Sejarah Islam di Jawa Barat Hingga Zaman Keemasan Banten serta sebuah buku berbahasa Sunda Lenyepaneun (Bahan Telaah Mendalam). Adapun karya terjemahan dari kitab Imam al-Ghazali adalah Minhaj al-Abidin (Jalan Bagi Ahli Ibadah), Al-Munqiz Min al-Dalal (Pembebas dari Kesesatan), dan al-Mustafa li ManLahu Ilm al-Ushul (Penjernihan bagi Orang yang Memiliki Pengetahuan Ushul).***

About these ads

288 Balesan

  1. thanks atas pemaparannya nih. saya tertarik dengan tokoh tersebut karena saya dengar dari radio. merasa bersalah juga karena selama ini saya cuek banget, padahal kuburannya gak jauh dari lokasi rumah dan say sudah lama tinggal di bogor. jahat banget ya saya???!!!

    saya kagum dan mudah2 an beliau senantiasa mendapat rahmat dan kebahagiaan. amin…

    thanks berat nih…

  2. Apakah nama KH Abdullah Bin Nuh ini sama dengan nama Aang Nuh, yang banyak diperbincangkan orang, karena mempunyai karomah dan pernah menghebohkan warga Jakarta karena naik ke puncak monas dengan berjalan kaki (seperti cicak) ?trims, mohon jawabannya.

  3. KH Abdullah bin Nuh dengan KH Aang Nuh (Abdul Haq) Noeh bin KH Satibi (Ajengan Gentur, cianjur) berbeda dilihat dari bin (nama Bapak) sudah terlihat, tapi anak KH Abdullah Bin Nuh mengatakan bahwa KH Abdullah bin Nuh pernah mesantren di Gentur dan belajar pada KH Satibi ayah dari KH Aang Nuh, dan pertalian saudara masih dilanjutkan sampai KH Satibi meninggal, hal ini dilihat dari seringnya KH Aang Nuh sering datang ke rumah KH Abdulah bin Nuh di majlis taklim Al Gozali, Bogor

  4. Assalamu alaikum warahmatullohi wabarakatuh,

    • Kumaha daramang.allah temung kin mere ka susahan tapi eta teh cobaan ti allah swt cik kuat hente jalmi eta di pasih han cobaan teh urang meta kudu sabar soleh ka kolot jeung sholat sing rajin meh di aherat isukan arurang tos gaduh bekel hatur nuhu sakian ti adbi .assalammualiku wr.wabarok katu.

  5. Asw.. Haturnuhun pisan paparan na..

  6. HARAP JGN SEMBARANGAN MEMPUBLIKASIKAN GENTUR,
    KLO BELUM TAHU GENTUR ITU SEPERTI APA,
    APAKAH ANDA SUDAH MNTA IZIN UNTUK MENULIS CERITA TENTANG MAMA GENTUR,,????
    MAHABAH LAH DENGAN BENAR

  7. Assmlkm wr wb, Akhi Imam Gozali hapunten sanes abdi bade culangung atanapi ngajar ngojay ka meri, maksud saya menulis diatas adalah untuk kepentingan syiar Islam, keterangan diatas saya dapat dari anak Mama Aang Nuh yaitu Cep Dar, ketika tahun 1986 dan ketika itupun Mama Aang Nuh masih hidup, saya sendiri sudah mendapat ijazah shalawat kamilah dari beliau, dan sekarangpun saya masih menyimpan foto beliau ketika bersalaman dengan pamanda beliau yaitu ajengan gelar, keterangan diatas juga didapat dari anak Mama Abdullah bin Nuh, yaitu ustad Toto Mustofa, beberapa hari setelah Mama wafat, ustad Toto juga menerangkan ketika Mama Abdulah wafat, Mama Aang Nuh tidak bisa datang tetapi telah mengirim utusan khususnya, wassalam

    • asw,punten upami tiasa mah ana nyuhunkn silsilahna mama GELAR, upami kaleresan gaduh…?

    • Kamana we ngarang cerita aang nuh teh , kalau ga tau jangan se enak nya cerita, apalagi ditulis di internet, ga ada alesan yg nulis ceita aang nuh, goblog, aing budak bandung anu mahabah,

    • @terah cikundul… Aslmualaikum kang sy seneng dng shalawat nariyah kang… Tu dah jd amalan favorit….tp sy ga tau kang cara mengamalkan na dng sempur na n tatacara nya sprti apa ?boleh sy sharing kang mengenai shalawat nariyah ini…. Add FB sy Regy van den bosch ditunggu ya kang…hatur nuhun wasalam

  8. Wslm. Wr. Wb. Terah cikundul, sae urang tiasa nguningakeun sejarah ulama2 kapungkur mudah2 janten contoh urg sadaya + mahabah kana perjalananana. Kujalana neangan elmu bari ngamalkeunana urang bisa nyontokeun ka balarea. Sim kuring teu kantos belajar di gentur, tp kantos nguping ka zuhud na aang nuh.
    Salam kenal ti urang galunggung

  9. mohon maaf apabila komentar saya sedikit berbeda dengan saudara terah diatas, menurut saya keterangan yang tidak boleh di publikasikan yaitu keterangan yang bersifat rahasia yang apabila di ketahui khalayak akan mengkibatkan dampak yang merugikan, atau sesuatu yang telah menjadi hak cipta, tentu saja bila di publikasikan harus terlebih dulu meminta izin, Jika kita liat lebih seksama lagi bahwa kita memperbincangkan seseorang yang menjadi panutan, seorang yang juhud dan masyhur ilmunya, tentu akan menjadi barometer dan contoh untuk dapat mengikutinya, setdaknya ngalap barokah dari mereka yang telah memiliki karomah. malah saya sangat berharap ada dari keluarga gentur yang berhak/berwenang untuk dapat mempublikaskan biografi mama gentur, untuk dpat kita teladani, karena setiap tahun di gentur ada haol, yang pada dasarnya haol itu selain mendoakan beliau yang telah berjasa bagi kita, tp kita juga meneladani pikiran dan prilaku beliau semasa hidup, seperti haol di empang yang mana diantara para pembicara selalu ada yang memaparkan manaqib nya habib Abdullah Al Atas. dengan adanya publikasi resmi maka baik pada saat haol atau tidak kita dapat menelaah dan mempelajari apa yang telah beliau lakukan dan ucapkan, sehingga kita meniru dan berharap utk menjadi murid beliau, mendpatkan safaat nanti di yaumil akhir.

  10. Walaupun saya baru sedikit mengenal latar belakang beliau tapi saya sangat kagum sekali, jika ada yg mengetahui dimana bisa sya dapatkan hasil karya beliau pada saat ini, sya berharap bisa membagi informasinya pada sya.. Saya ingin sekali bisa mengenal lebih dekat dengan beliau dengan membaca hasil karyanya & pada saat ini saya baru punya terjemahan kitab Minhajul abidin karangan beliau…
    klo ada bisa email saya di septian.zulkarnaen@yahoo.com trima kasih…

  11. sy senang menjadi murid beliau walau tak pernah berguru langsung namun sy msh bs meninba ilmu2 beliau dari ne2k ajengan mursyidah abdullah bin nuh isteri dari mama kh.abdullah bin nuh masyallah ilmuy yg bak seperti sungai yang mengalir terus tak henti2nya.semoga beliau dan duriyah nya mendpt ridho allah dan termasuk golongan waliyullah.amien
    dan pernah dengar cerita dari kh.musthafa abn yaitu putera bungsu beliau kalau mama itu beljar ihya langsung dari imam al-ghazaly masyallah karamah beliau yang luhur itu.

  12. Saya ingin skali tau riwayat psantren gentur.baik mulai dari pendirinya-dan juga garis keturunan keatas dan bawah.trmksh,dinanti skrg

  13. saya pengen tau sejarah berdirinya pesantren gentur dan siapa pendirinya,,, serta siapa saja keluarga mama genturAnnterimakasih banyak

    • Bg yg pngn tau sjrh brdrinya ps gentur lgs z dtng k pala putra (kluarga) insya allh tdk dpungut biaya..
      Qta mang hrs tau sjrh mama gntur agar qt mnjd slh stu pcnt mama.

  14. Ass Wr Wb,.,..saya pgn tnya,yg bwt profile tntng Aang Nuh sapa?saya pnsrn bgt,knp ga sklian dgn para penerusnya skrg sprti Aang Abi or Aang2 lainnya Putra dr Aang Nuh..

  15. bwt neng windy,memang benar wktu kejadian di jakarta MAMA AANG NUH naik Monas.Tetapi dia lg Hariqul Adat (mendapat karomah).Klo dilihat dari segi fisik menurut orang yg awam kaya kita ga bakalan kepikir oleh akal,tp menurut ilmu keyakinan kita itu bisa saja terjadi..

  16. assalamu’alaikum,alhamdulillah dgn ada y website ini sy bs lbh byk lg mengenal para ulama2 yg tlh di berikan karomah oleh allah swt,sy mau mnt tlg supados ulama anu nami na Kh mama djamhari bin H aquba bin Ki kantar rohimahumullohuanhum, di tampilkan disini,karena mahabah sy yg bgtu bsr kpd beliau,selintas sy dengar,beliau mash paman dari Kh tb muhammad falak bin Kh tb abbas,

    • punten sateuacana,,,
      ngkin tanggal 29 juli 2010, rek diayakeun ziarah bersama ka makam kH mama Djamhari b H. A.Quba,, bada isya,,, kang husni,, mun tiasa,, ku sim abdi di ulem atas nami kluwargi mama djamhari,,

      jl gunung batu loji(mayjen ishak djuarsa) gg mesjid 3, rt 03/XI

      hatur nuhun.

  17. saur saha ah teu kengeng nyebat nami asli mama’ gentur, upami ngaduakeun pan saena disebat namina sareng bin langkung sae.. ayya..ayya wae..

  18. saya pengen tau apa yg diper besar dzikir oleh aang nuh

  19. Ass,,WR WB,,,sya pengen tau siapa yg meneruskan pesantren gentur,,stelah MAMA AANG NUH,,wapat,,n AMA DARUL AFIAH tlah wapat jg,,,skarang AANG/ AMA siapa namanya n apakah dia masih anaknya MAMA ABDUL HAQ NUH,,,wassalm,,,terimakasih banyak

  20. Ass,,WR WB,,,sya pengen tau siapa yg meneruskan pesantren gentur,,stelah MAMA AANG NUH,,wapat,,n AMA DARUL AFIAH tlah wapat jg,,,skarang AANG/ AMA siapa namanya n apakah dia masih anaknya MAMA ABDUL HAQ NUH,,,wassalm,

    • asalamu’alikum .wr.wb yang saya tahu mah cep ningrat namanya.ada masih balita umurnya nama nya lupa lagi.klo ada kesempatan kesana tanya ke ustd.wawan namanya ,beliau yg suka bantu ngaliwet suruhan aang nuh gentur memeng saya juga baru feb 2010 mulai tahu cerita2ny

  21. Ass. Punten, Izin ngopas nya??

  22. Assalammualikum .wr.wb
    punten izin ngopas nyaa…

  23. ahlan wasahlan marhaban,wamahabatan ….
    sya pngn tnya??? apakah kalian sudah bnr” mahabah sm gentur?? klo hti anda sdh bnr” pool bru dtng ke pesantren G7 gentur.
    ku abdi di antoz nxa,,jngn cuma brani di intenet doang!!!

  24. ahLan wasahlan,wajidLan >>>>>>>>>>>>>>>>>
    ah abdi mah mkluLum jalmi Bodo tte tiasa nyarios panjang lebar ngan ngawartosan mun hoyong janten jalmi mahabbah ka getur,,da ari gentur mah sanes kanggo di perdebatkeun,,tapi kudu di turut ku urang sararea ,,,,,,
    da ari teacan nyobian mahabbah mah moal terang seluk belukna kumaha gentur….
    di antos kadongkapan nana di G7,,,,1!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
    nXa

  25. nu ku abdi terang mah GENTUR+PICUNG cianjur,ngga bid”ah atau memakai alat suara…………………
    kade ah ulah itu iyeuy

  26. nu ku abdi terang mah gentur mah teu bid”ah ahhhhhhhhhhhhhh…………………….

  27. ass.ikhwan2 cianjur sdyna kde urng ulah taásub/fanatik buta samemeh tos jelas anu hak,kacuali ti allah+rosulna?

    • abdi hoyong terang hukum pengera suara

      • Asalamu alakum kisilah punten sate acana hukumna haram pengarah suwara apa bila ada yg ngaji salah terus yg denger itu tau bahwa yg ngaji kuran itu salah bagi orang yg denger itu wajib mem benar kan ya makaya di bilang haram terus kalau lagi kita buang air besar terus denger suwara azan kita kan wajib jawab orang yg lagi azan itu lah sebagiyan map aku lancang wslm

      • Ki silah mh kos jalma PA nya, paduwe ari nyungur th. Nyet…

  28. punten yeuh akang anu mahabbah ka gentur,,,tong seueur teuing nyalahkeun kana pangajaran batur…abdi ikhwan suryalaya…tong ngewa kana dzikir nu di tarikeun…

    • kaos nu hareeh cuman comen bulas bales?
      cicing w atuh ?
      kaos nu heeh paratuh kna agama ?
      ktp islam solat insya alloh?
      darebat w nu di kahijiken teh ?
      engges w ayenamah tiis2 ktu2 kye2?
      ngewa lah…………?
      hirup mah ulah kpalang jdi jalma baragajul2 salehAH2?

      “ttd“ urang jalma bara gajul? htur nuhun………………????

    • mang cobi geura buka, baca tur amalkeun kitab2 ‘Ulama SALAF,ulah kitab2 ‘Ulama2 SULAP,teras Guruna kedah AJengan ulah ngaguru ka AJLengan,ngarah ECES,mangga wilujeung!!!

    • guru anjeung abah anom saneh ?? eta mah JIN di dohir keun jadi jelema ” nyahoo te maneh tah ku urang di buka

  29. Dahulukn rasa sltrahim antr muslm jngn memperdebatkn mslah ihtilap

  30. penernangan yang di atas sebenarnya ga jelas,aang nuh itu horikul adat tidak prnah psantren,namun ilmunya turun dari duriah bapanya,msih banyak kluarga gentur yang horikul adat,kluarga gentur adalah raja ci anjur dalam agama islam bgi ci ajnur sukabumi…

  31. salam kasadayana duluuuuuuuur

  32. aynamah kmha iman urng w….?
    da ai ngdebat ken mah moal bres2 ?
    gs w ynmah aljran msing.msing………
    untng kr mraneh mren? rugi kr mraneh?
    ok.ok sing ykin w kna alran msing.masing

  33. Sepengetahuan saya mengenai gentur…banyak yang mengatakan bahwa gentur mengharamkan kepada alat pengeras suara….atau dengan kata lain itu adalah bid’ah…yang sering mereka sebut sebagai ‘ASPEK’ atau Anti Speaker’….
    Saya kurang mengerti mengenai hal ini…banyak dari mutid2 mama satibi dan aang nuh yang begitu fanatik terhadap speaker..
    saya orang awam yang belum banyak mengerti tentang masalah ini dan masih harus banyak belajar..
    mohon penjelasannya dari admin atau dari siapa saja mengenai hal ini…

    hatur nuhun ka sadayana

  34. nu matak tong eureun ngaji,,,,, jadi weh maraneh lalieur ku ulah sorangan,,,, da maraneh mah ngajina dina internet,tv,radio,hp,, jig geura lamun boga permasalahan tanyakeun langsung ka MANUSA deui,,ulah ka jurig anu teu kadeuleu,,,Sampe ka utah GETIH oge moal meunang jawaban anu pasti ari ngagugulung kana alat malahi mah,,,meunggeus ayeunamah ceuk aing oge ULAH EUREUN NGAJI!! LAMUN MANUSA EUREUN NGAJI PASTI ETA JALMA HOREAM GUGURU KA ALIM ULAMA,,BISANA NGAN UKUR NANYAKEUN KA JURIG,PASTI JAWABAN TI JURIG MAH NGALIEURKEUN,,SESAT DI JALAN,..

  35. Mama’ Abdullah bin Nuh adalah “baqiyyatus salaf”,

  36. kalo ente mahabah ke gentur ikutin aza perjalanan mama gentur dan zuriyah nya…………..untuk lebih jelas langsung aza dateng ke gentur,SAUNG SENG

  37. HAOL MAMA SEPUH 26 s/d 28 mai 2010,pondok pesantren gentur,jalan jambu dipa,warung kondang,cianjur,jawa barat.

  38. Salam ka sadaya sesepuh sareng santri Gentur, mugia salamina aya dina lindungan Allah SWT. Amin

  39. assalamualaikum,
    punten ngiring ngariung ah…perkawis gentur aspek alias “anti speaker” eta teh leres pisan, namung duka timana jolna eta hukum ngaharamkeun sareng ngabid’ahkeun speker teh. pan ari haram jeung halal mah tos diatur ku gusti Alloh, panginten matak disebat bid’ah ge kapungkur Rosululloh tara ngaos nganggo speker, atawa speker teh disebutna “alatul malahi” hiji alat anu sok dipake tukang maksiat nyaeta “dangdutan”. namung da speker mah mung wasilah (alat) ungkul, mun dipake hade nya hade, mun dipake goreng nya goreng. matakna kangge generasi muda muslim belajar agama teh tong euceuk jeung ceneh wungkul. buka kitabna ngaji sing bener sirah nabi, hadist jeung kitab ulama ulama sepertos Imam Syafii, Imam Nawawi, jeung nu sanesna. janten urang tiasa ngabedakeun mana anu bid’ah menurut syariat jeung mana anu henteu bid’ah.
    sareng peryogi ka uninga para putra gentur teu ngaharamkeun kana speker, contona tingal we cep emah atawa aang abi, dina mobilna pasti aya sound system anu spekerna rimbil di dasbor hareup nepikana bagasi tukang. sareng aranjeuna di bumi-bumina ngagaduhan tv, vcd sareng tip. pan eta teh marake speker.
    matakna barudak diajar agama teh sing bener, jadi bisa ngabedakeun nu haram, nu sunnah, nu bid’ah jeung anu mubah.
    jadi moal ngabid’ahkeun nu mubah jeung moal nyunahkeunn nu bid’ah.

    • asslmualaikum wr.wb.sumuhun leres pisan juragan….
      ongkohna sok di aya-ayakeun jeng digeude2keun,, bari jeung teu apal asal muasalna.wasalam ti urang malangbong garut..

    • Assalamu alaikum warrohmatuLLOHI wabarokatuh..
      Leures pisan daripada ngadebatkeun mah mending urang pada ngaji ka gentur-picung supaya teurang nyalira.
      Sareung bilih aya nu teu ngartos kana sabab pelajaran ti gentur-picung nga teu kengengkeun kana bangsa alat elektronik sapertos tv sareung nu sejen na, mangga dongkap ka gentur taroskeun langsung da aya penerusna, tapi bilih aranjeun merasa gengsi karena ngarasa diri anjeun intelek jalmi modern mangga ku abdi dipasihan hiji reperensi kangge anjeun supados teurang naon sabab na alatul malahi d teu kengengkeun ku para ahli soleh gentur-picung.
      kangge DVD na ku abdi tos di sayogikeun, ngan sa atos na pami anjeun sadar bahwa nu di teurangkeun ku para ulama gentur teh geuning leureus tong kaget nya, ^_^

      ♥MANGGA INBOK WE KA FACEBOOK ABDI KIN DI PASIHAN DVD NA♥

      Wassalamu alaikum warrohmatuLLOHI wabarokatuh.

    • kade ah eta nyarios teh..

    • belegug keneh wae maneh mah …. nu ngarana na guru moal nyontoan nu bener , cokot hadena tong di tiru goreng na … atah ahk

    • cocok lah

  40. Lastu kaHaeatikum,

  41. w n tmn2 w d’tenabank lw shlt anti alat,.cz we are mang lbh plh bgtu .

  42. punten sateuacana,,,
    ngkin tanggal 29 juli 2010, rek diayakeun ziarah bersama ka makam kH mama Djamhari b H. A.Quba,, bada isya,,, kang husni,, mun tiasa,, ku sim abdi di ulem atas nami kluwargi mama djamhari,,

    jl gunung batu loji(mayjen ishak djuarsa) gg mesjid 3, rt 03/XI

    hatur nuhun

  43. As wr wb.

    Ini cerita saya pada waktu kecil sama orang tua saya ALm Bpkj H M Bisri suka di ajak Silatuhrahim ke aang Nuh cianjur, dan selalu ketemu sama beliau,terus saya tanya, Pak koq kalau ke Aang Nuh ,Bapak koq gampang bener sih ketemunya ga seperti orang lain susah, terus Bapakku cerita kalau Aang itu pernah Satu Kobong (kamar) sama Uwa, waktu pesantren di Bpknya yaitu Mama satibi, Bapaknya Aang sendiri di Gentur, Uwa itu kakaknya Bpak saya, setelah Uwa meninggal dunia, Aang apakah merasa kehilangan sama sobatnya yaitu Uwa saya, terus untuk gantinya Aang ngajak Duduran ka Alm Bpk saya, terus Aang ada ucap begini ke Bpk saya Dikarenakan Mang Sugi udah ga ada, maksudnya meninggal dunia maka gantina Mang Bibis waelah, Pokakna lamun mang Bibis ka dieu, arek berang, peuting ku Aang pasti dipendakan, Cerita itu masih tergiang di telinga saya sampai sekarang, bahkan saya pernah ke rumah saya di Bogor Ciomas 2 X, saya pernah makan bareng sama Aang di rumahnya di gentur , makan nasi liwet dialas ku daun cau, yang terakhir Aang pernah minta Anak Bpk saya untuk dididik di pesantrennya tapi sayang, anak Bpk ga ada yang mau, termasuk saya, karena pada waktu itu saya masih kecil. Setelah Aang meninggal dunia terus Bpk saya jg meninggal, putus aja tali silaturrohin dengan keluarga Aang, Ingin rasanya tali silaturrohin itu nyambung kembali dgn keluarga Aang Nuh. kata saudara saya yang suka datang ke gentur katanya anaknya Aang Nuh yaitu Bpk Cep Dar suka nanyain keluarga Bpk saya, dia suka nanya begini, mana Keluarga mang Bibis anu ti Bogor, saudara saya suka malu, ditanya gitu sama Cep Dar.
    Akhirul kata mudah2an keluarga Aang mau memaafkan semua kesalahan keluarga Bpk saya dan keturunannya yang tdk pernah datang untuk silaturrohim ke Gentur, dan mudah2an di hari2 berikutnya tali itu nyabung kembali seperti dulu.amin

  44. eh,urang CZR,aang mah pk speker di mbl juga ga di hayati kya di rumah lo di tonton sambil melotot ke pala lo gidak gidik,lo tau dari mana di rumah ada tv sm VCD,lo santri gentur juga bukan,so tau,,,,,,,!lgyn biar bgt juga orang terpandang ga kaya lo,,,,punya pesantren kaga ,santri ga punya,anak ulama bukan,apa yang lo banggain,jd sampah cianjur aja kalie yah l o yang kerja nya bikin fitnah…,dineraka juga paling bawah kalie lo golongan ahli bid’ah

    • ulah sok ngagaduhan rasa asa aing pang sucina pang pintarna eta kalakuan syithon, mendingan pami aya permasalahan sok terangken dalil-dalina emeh puguh ngabereskena

  45. salaam buat satria2 muda pembela ilmu haq mudah2an kita slalu kuat memprtahankan ajaran ulama2 haq dan jangan percaya mulut2 ulama modern yg bemain politik sesungguh dia tdk sadar akan tipu daya dunia yg membawa mereka ke pada kerugian. Salam satria kaafe ciberm g7

  46. urang mah kudu nekatken dina hate eta alat malahi teh haram najan urang can tiyasa ninggalken kana eta alat malahi supados ente dicap kufur .kalau semua kturunan mamak itu gk sama kyak kita yg gk jlas nasab keturunanya jd bagaimanapun mereka lebih baik dari kita jadi jangan skali2 kalian mengolok2 palaputra mama gentur karna jasa beliau yg bgtu besar buat agama dan bangsa ini ,slam pasukan haq indonesia raya 4444””””””””4444””””””””4444

  47. hai urang czr jangan skali2 km bilang anak mama punya tv dan dvd itu fitnah dasar lu anak haram ,gw biarpun bkas penjahat tp gw sngt menghormati cucu mamak klo ktemu gw habisin lo laknat biadab dasar anak dajal ‘mui se indonesia aja gk brani ngatain cucu mamak apa lagi lo anak haram jadah gw habisin lo dasar kafir zhindik wahabi ,laknatulloh

  48. satu pesan buat semua ulamasu se indonesia ,jngan kalian dakwah di depan wanita tanpa adanya hijab dan jngan kau campurkan wanita dan laki2 di luar ataupun didalam masjid ,nabi tdk mencontohkan sperti itu ok ,klo mau tau dtang ke gentur,cianjur mudah2an kalian dapat ilmu yg haq

  49. buat para penerus2 ilmu haq smoga kita dapat mngamalkan ajara2n ulama2 haq dan saya minta do,a nya aja biar sya bisa kembali menimba ilmu di gentur lagi krna sya sedang merantau ke kalimantan dan byak berkah yg sya rasakan kalau kta masih mudawamah mngamalkan ajaran aang itu pun berkat ridho allah dan berkah shalawat 4444 mudah2an kita khusnul khatimah dalam memegang ajaran haq.salam kepda ikhwan2 yg ada di seluruh dunia’ do,a pido,a na kasadayana

  50. alhamdulillah..
    walaupun abdi te acan masantren ,tp syukur abi msh tiasa ngaji ka guru2 anu sanad na nepi ka mama gentur…
    najan abi te tiasa langsung ngaji ka ahli gentur,tp mdh2n ku jalan mahabah iyeu abi tiasa di aku ku mama..

  51. salam ti budak cikarang(bekasi)

  52. amien…smoga ente di pasihan ku allah tiasa ngaos ka pala putra mama ,kudu mudawamah nyak maca sholawtna lamun aya widi ente bakal nepi ka gentur’ abdi gek kapungkur jlma’badegong alhamd, tiasa mendak pituduh di ikhwan jakarta ,salam nyak ka ikwn cibitung k.chandra dan ikwan cikarang’slam knal jalma doifon

  53. Slm knl oge t abdi…
    Laskar haq nte org mn?
    Murid gentur?
    Abdi nyuhunken no hp nte..

  54. salam knal oge, abdi mah orang sumatra ,tpi abdi ente pantes di sebat santri,era abdi mah cuman mahabah ka palaputra mama terutama mama gunung tujuh (aang abi/is’is) dan sya minta kabar ya kesemua ihkwan gentur tolong saya di kabarin mengenai kluarga mama dan mengenai keadaan gentur.karna saya lagi merantau ke kalimantan

    • ass… banyak perkembangan dalam keluarga mama ang nuh…

      hub. ang abi abror 081912229344

      ane juga dulu digunung 7.. thn 1998-2002 .. alhamdulillah sampe sekarang masih terjalin silaturahmi…. insya allah bermanfa’at pemberitahuan dari ane alfaqir mahbub haz

  55. Tak ada kekuatan tanpa persatuan dan tak ada persatuan tanpa kesatuan dan tak ada persatuan dan kesatuan tanpa ada ikatan SILATURAHMI…
    Ari ahlussunnah t jlma nu ngiring kana jejak rosululloh+jejak para sahabatna ari waljamaah teh t pasewang2 hartina kdu ngahiji.
    ka akng2 sdyn aya nu lebih pnting tibatan prdebatan kunafsu nyaeta ngalaksanakeun thoriqoh2na pngersa mama gentur. mslh SPEAKER mah da FURU’ (ayna mah modern) nukudu dbrntas mah jelma islam nu t sholat t zkat t puasa sok zinah/mabok/judi/korupsi

  56. Aduh gw jadi mau nakal nich.. Ente smua juga sama kyk ane pade goblok…. Jagan ngaku2 santri gentur n picung… klo ente semua masih ngelakuin ni alat malahi (yg skrg lo pade pake ni alat buat ngetik) goblok. Koreksi diri lo pade bner santri sono bukan apa cma ikut2an doang yg klakuannya sma kyk ane blm bisa jadi orang yg bner…. Allahualam…

  57. hai anak nakal kita sama2 nakal kan ,emang kita suka pake alat malahi dan kita blum bisa mlawan hawa napsu yang penting kita sudah mengikrarkan alatul malahi ,tv,radio,computer,speaker, itu haram ,agar kita tak menjadi kufur Dan mudah2ah kita di berikan’umur panjang untuk tobat dan istiqomah di gentur

  58. syaik ahmad shohibul wafa tajul ‘arifin qodassalloh…alfatihah

  59. hese geuning hayang hirup bener teh,nyuhunkeun pidu’ana ka sadayana

  60. nyungken pidua na adi nuju masantern

  61. suatu ketika kami sedang duduk di malis Mama Abdullah bin Nuh, di Algozali, kotaparis, Bogor, kemudian datang rombongan Mama Abdul Haq Enoch (Aang Nuh, gentur), ternyata Mama Aang Nuh yg terkenal tinggi ilmu agamanya, ternyata cium tangan dengan Mama Abdullah Bin Nuh

  62. hai cup jangan asal ngomong ente emang taun brapa kejadianya walaupun benar itulah ciri2 orang berilmu makin tinggi smakin menunduk karna ke zuhudan nya dan agar terhindar dari sifat ujub dan takabur :……asal tau aja ya tdk sembarangan orang bisa salaman sama mama apalagi ulama wahabi /ahli bid ah kaya guru lu presiden aja gk bisa apalagi guru lu yang ikut politik partai laknatulloh ,,naudzubiiah suma naudzubilah

  63. ada satu rahasia yang saya tau bahwa mama itu masih juriah baginda rasul karna sifat tawadhu nya beliau menyembunyikan pangkat keluarganya agar anak cucunya tidak terlalu membanggakan trah keturunanya makanya setiab haol pasti ada manakib al athos jadi apakah mama bergelar al athos di blakang pangkat habib nya

  64. di gentur ada sumur abadi yg ajaib dan majelis menara lima yg tk bisa di bom dan ada lorong rahasia harta di bawah gunung tujuh dan ada goa di bawah maakam mama kidul yg bisa tembus ke pamijahan dan ada peta yg menempel di dinding majelis gunung tujuh yg sampai skarang blum bisa di pecahkan

  65. dengan berat dan minta maaf kpada semua santri dan palaputra mama dan cucu nya dengan ini saya ingin mbembeberkan sanat guru ahli sunah waljamaah yg benar2 asli sampai ke mama gentur :brikut ktranganya dari sahabat abdullah bin umar turun ke imam napitabi abdullah bin umar trun ke imam maliki bin annas turun ke imam syafi,i trun ke imam ibrahim al madzani trun keimam abu sya id al anbati trun ke imam abu abbas bin syureth trun ke imam ibrahim al maruzhi turun ke imam abdulloh al jhuni trun ke imam abu bakar al qopal turun ke imam harmaen trun ke imam gozali turun ke imam muhammad bin yahya turun ke syekh ardabili trun ke syekh muhyidin annawawi trun ke syekh atho udin ithori turn ke syekh abdulrohim al iraqi turn ke ibnu hajar asqolani turn ke syekh zakariya anshori turn ke syekh ibnu hajar al haitami turn ke syekh zainudin al malebari turn ke syekh abdul muhyi pamijahan turn ke mama ahmad suja,i bandung turn ke mama sepuh gentur turn ke mama anom (aang nuh) begitulh sanad guru yg saya ketaui apabila ada keslahan saya minta maaf jadi kalo cari guru harus tau sanad nya agar tidak sesat

  66. 1, trah pajajaran g7, kenging masantren dimana ?, apakah gurumu ngajarin menghujat ulama apalagi ulama sepuh yg merupakan guru-nya para kiai, mama abdullah bin nuh bukan wahabi, baca biografi jgn fitnah
    2. waktu itu tahun 1985 Mama Aang datang ke Mama Abdullah bin Nuh
    3. selain santri mama abdullah bin nuh, saya juga santri-nya mama aang nuh, gentur, sy banyak dapat amalan dari mama aang nuh, seperti doa tanwi qulub, izasah solawat kamilah, dst
    4. bukan cuma cium tangan ke mama aang nuh, sy juga punya foto mama aang nuh, yg sy simpan sampe sekarang, dan di pajang di tempat kerja sy
    5. ketika mama abdullah bin nuh wafat, mama aang nuh mengirim utusan
    6. MOHON JANGAN MENGADU DOMBA ANATAR ULAMA, JIKA ANDA PERNAH MASANTREN HARUS TAHU HUKUMNYA FITNAH

  67. ayenamah kiewe abdi lingih ti bung bulang cianjur alohuma soli alasya
    idina muhamad pokona mama gentur`mama picung`mama gelar`mama kanang sapi yanpa anjen hancur jabar`tong loba pertanyaan da bakal lier lamun tenyaho silsilah namah ameng`supados jelas dongkap k cianjur d antos`abdi netep d kedung

  68. asalamualaikum`kepada hususna kaum muslimin walmuslimat husus wilayah cianjur`pribadi saya dari kedung bungbulang`saya meng himbau untuk berantas mksiat d sekitar masjid dengan marak nya perempuan jalanan yg ada dilokasi jangari`yang saya resahkan itu masjid agung jangari ko di lingkungan[masjid] di kotori orang2 pacaran lah` walohu alam kalo mesum mah`silahkan mu mahsiatmah itumah amaluna amalukum`tar jg ada balasan na tpi tolong lah jangan d lingkungan masjid kalo merasa masih islam

  69. Assalaamu ‘alaikum.. Punten ka sdyana , ah iyeu mah mrn abdi beda ti batur . Abdi bde tumaros ka saderek nu uninga, ari islam sunni teh maksadna naon.???

  70. Mama Syaikhuna KH. Abdul Qodir Rozy bin KH. Fakhrurozy
    berguru kepada
    KH. Fakhrurozy, KH. Ahmad Dimyati, KH. Mansur, KH. Masduqi, KH. Abdul Qodir, KH. Ahmad Munawwar, Mama KH. Abdullah bin Nuh, KH. Ahmad Kholidi
    berguru kepada
    Mama Selatan Gentur Cianjur Syeikh Muhammad Qurtuby
    berguru kepada
    Mama Utara Gentur Cianjur Syeikh Ahmad Syatiby
    berguru kepada
    Syeikh Ahmad Syuja’i Gudang Tasikmalaya
    berguru kepada
    Syeikh Hasan Mustofa Bandung
    berguru kepada
    Seikh Abdul Muhyi Pamijahan
    berguru kepada
    Syeikh Zainuddin Almalaibary
    berguru kepada
    Seikh Ahmad bin Hajar Alhaitami
    berguru kepada
    Seikh Zakariya Al-Anshory
    berguru kepada
    Seikh Ibnu Hajar Al-’Asqolani
    berguru kepada
    Seikh Abdurohim Al-iroqi
    berguru kepada
    Seikh ‘Atouddin Al-’Atory
    berguru kepada
    Seikh Muhyiddin An-Nawawi
    berguru kepada
    Seikh Ardabily
    berguru kepada
    Al-Imam Muhammad bin Yahya
    berguru kepada
    Al-Imam Hujjatul Islam Muhammad Al-Ghazaly
    berguru kepada
    Al-Imam Haromain
    berguru kepada
    Seikh Abdulloh Al-Juwainy
    berguru kepada
    Seikh Abubakar Alqoffal
    berguru kepada
    Seikh Ibrohim Almaruzy
    berguru kepada
    Seikh Abu ‘Abbas bin Syuraij
    berguru kepada
    Seikh Abu Sa’id Al-Ambaty
    berguru kepada
    Seikh Imam Ibrohim Al-Mazany
    berguru kepada
    Al-Imam Muhammad bin Idris Asy-Syafi’i
    berguru kepada
    Al-Imam Malik bin Anas
    berguru kepada
    Al-Imam Nafi’ tabi’ Abdulloh ibnu Umar
    berguru kepada
    Al-Imam Abdulloh ibnu Umar
    berguru kepada
    Rosululloh Baginda Nabi Mumammad Sallalohu ‘Alaihi Wasallam

  71. kami punya fotonya mama sepuh gentur

    • darimana anda dapat fto mam sepuh ? orng cucu nya pun tida mngetahui raut wajah ny

    • MISBAH TEH PUTRANA MANG SALIM LEUREUS,IEU TEH ABDI MAHYUDIN (MANG WAHYU)NU TI JAKARTA TEA. SALAM KANGEN ,JEUNG SALAM RINDU KA HAJAH NENG MUJDALIVAH

  72. saya sudah ketemu sama cicitnya aang nuh yang megang pesantren gentur sekarang, orangnya tawadhu bgt. sedikit makan, sedikit tidur, dan sedikit bicara.
    (namanya tidak boleh dipublikasikan sembarangan)

  73. Hmm..
    Jd hoyong dongkap ka gentur,
    Tp istri mah teu kenging lebet pan?
    Naha kumargi naon eta teh??

  74. shalawat aja yg banyak biar jadi kekasih nabi …..amin

  75. Hai cup maksud loe apa nulis nama guru besar gwa haq enoch mau ngeledek loe cup setau gwa ulama yg sekolah itu wahabi apalagi sampai ke al azar kairo gwa udah baca semua tentang biografi guru loe makanya pesantren sekolah itu ilmu wahabi tau gak loe

    • trah pajajaran, berarti ente gak tau Mama Aang Nuh, mungkin juga ente gak tau islam, ana curiga juga ente orang yg benci islam, sengaja adu domba

    • TRah pajajaran, aing ngilu jeng Ajengan gentur, Aang baden, 5 taun, semua-nya ngajarin hormat ka sasama komo deui ka kiai, teu ngajarkeun fitnah jiga sia, sia mah lain murid ti gentur

    • ulah ngaribut keun hal nu teu matak jadi kasajahtraan angguran urang ngahiji sasareungan ngarakeutkeun babarayaan ngarah janteun kabagjaan

  76. Loe pesantren tau hukum syara gk contoh laki2 Dan perempuan gk boleh di campurkan kayak di skolahan apalagi ceramah di masjid laki2 di campur Jeng awewek etak te Haram sambil ketawa2 apalagi makan2 makanya pesantren Dulu ke gentur biar loe nyaho hukum syara makanya tapak lacak ulama Dulu harus di ikuti jangan di perbaharui

  77. tuturken tapakna salaf sampai maoet ulah khilaf kade bid ah sulu selap agama mah lain sulap,,,!!! Umat nabi paling antik sekarang makin sa,etik nyekel hukum na fanatik teuk kacampuran politik ,,

  78. Pakai peci kalau sholat jangan menyepelekan sunnah bahaya !!!basmi dkm masjid kalo mau Cari uang jangan di masjid !!!Dan basmi keropak masjid Dan adzan kalawah kaleweh di tanya dalilna eweh palingge di mekah oge ,!!di mekah mah seeur wahabi !!!

  79. Baca qur,an parlombaan maneh di bendu kutuhan !!!!lanang wadon di hijiken Jeng ustod di sagabruken eta teh ustod karedok agama di pake kedok

  80. ciggir kunjeun pake mikir, jariji sing daek ngaji, jajakung urang ulah adigung, curuk dimana anjeun gaduh masalah buru-buru musyawah, karak eta jalmi jempol, bintang pertama silih asah silih asih silih asuh, bintang kadua ku titipkan negara dan bangsaku padamu, bintang katilu Indonesia bakal jadi negara terkaya sedunia setelah dipegang oleh salab solihin, ampunlah

  81. Ass.wr.wb,Subhanaulloh,Allohumsoliala Saidina Muhammad wl.ali Saidina Muhammad…….
    kapara saderek,anu balageur,anu karasep,anu gareulis ….anu harapan bangsa jeung nagara,geus jelas urang teh urang sunda,kudu nyunda bisi era kahareupna ,ulah raribut,ulah ngala setan,kudu ngala malaikat,kudu nyangsang kana Alquran jeung sunahna , angguran perbedaan ieu urang hijikeun kana kaalusan ,bersatu ngawangun jeung ngaaluskeun Islam dina applikasi anu nyata, nu penting perbaiki diri kita kepada ALLOH SWT…seeeemaximal mungkin..selalu bersyukur dengan lisan, hate dan perbuatan spy jd 100% bersyukurna…leres ceuk cep nandang kedah silih asah silih asih ,silih asuh,…..abah boga catetan kieu geura……
    Sabulan NGAHEURANG
    Dua bulan NGALENGGANG
    Tilu bulan NGARUPA
    Opat bulan NGAREKA
    Lima bulan MALIK MUTER
    Genep bulan TUMPANG PITU
    Tujuh bulan NUNJUK KASANGIANG MANGGUNG
    Delapan bulan LILIMBUNGAN TI TANAH PAYUNG
    Salapan bulan MATUR KA AMBU
    REK NYABA KA BUANA PANCA TENGAH
    Brol !!!
    Bral geura ngambah sagara
    Mangkahade !
    Ulah sadenge-dengena,mun lain dengekeunana
    Ulah sadeuleu-deuleuna,mun lain deuleueunana
    Ulah saomong-omongna, mun lain omongeunana
    Ulah sacabak-cabakna, mun lain cabakeunana
    Ulah samanah-manahna, mun lain manaheunana

    He, urang Sunda sakabeh Darengekeun
    Ieu geura patekadan keur hidep
    Malah ngajadi bukti
    Pikeun ngahijikeun rasa
    Silih asih, silih asah…….silih asuh
    Dibarengan ku elmu
    Elmu luhung teu adigung
    Sakti diri teu kumati
    Yakin…..!
    Yen usik kersaning ALLOH SWT.
    Ulah raribut wae nya…angguran maheutkeun duduluran kasaantero kapulauan sunda besar…urang sherring elmu ti ALLOH….keur dunya jeung akherat……Ok … Bro…../ Abah Oki /Karuhun Cianjur/Karuhun Pajajaran /okeezvita114@yahoo.com…Wass.Wr.Wb

    • leres pisan ,, stuju kang ,,, alikhtilafu rohmatun,, kitu panginteun saur keterangan ge,,
      ke bae salahmah da jalmi tempatna ,, da nu ngaraos bener ge can tanton leress da jalmi mah dina bener ange mung “kebeneran” we Gusti Nu Maha Suci maparinan Taifik sreng Hidayah_Na,,
      nu matak ynamah ,, sok ath nu hoyong uninga leresna kumha tong mung komntar didieu,, buktoskn ku nyalira kaditu (gentur) langsung sambil jiarah,, mahabah .. oge kan ,, kitu pangintn ,,
      hatur nuhun ,,
      wassalam ….
      ace cililin

  82. Bah ari abah linggih dimana ? leres bah lamun urang hirup silih salah keun moal aya tungtungna Dauh GUSTI Sorga keur anjeun Naraka keur anjeun kumaha amal perbuatan urang nu paling susah jalma jaman kiwari ngaraksa kana dirina tina anu tos dipasihan ku GUSTI, kunaon mama ngadamel simbol bulan bintang pek geura diraksa ku urang saur mama engkin bakal loba kaluaran GENTUR ngan saeutik nu dikaluarkeun ti GENTUR makana ceuk si iblis manehna bakalan ngagoda ka umat ROSULULLAH SAW nepi ka poe kiamat dimana anjeun maksiat maka siksa ka ahli kubur anjeun dimana anjeun ibadah jeung e”lmuna jeung karna ALLOH maka pahla ganjaran dugi ka Ahli kubur sing karunya ka ahli kubur geura Ulah silih salahkeun hayu urang musyawarah ngarah mufakat okelah klo begitu kunaon mama ngadamel menara lima, gunung tujuh , jeung sumur abadi coba diraksa ku hate anjeun naon maksudna sing tawadho ari hirup lakukeun sagala laku lampah urang niatan karna ALLOH sangkan kengeng pahla ganjaran ti GUSTI

  83. Kunaon saling pitnah Qtu.anti wahabi anti potilik lah.Rosul ngajarkn tauhid k Alloh ngan sholat ,zikir teu kudu cape2 perang atuh.da jahiliah oge moal kberatan atuh.tp rosul+shbt2na rek negakn hukum Alloh/syariat Islam/hkm Islam(AlQur,an)ayna islam korban politik digiring kditu kdieu dijauhkn tiAllohna tiRosulna+tiUlamana. mnrut abdinubodo kdahnamah Islam nyepeng politik(khalifahnu dicontokn ku rosul+4shbtna berdasarkn hkm Alloh.abdi hormat k mama gentur nuju alit sok dicanak ziarah ku ortu sholawat nariyahna msh abdi aos (th 80-85).+hormat k wahabi tiasa ngajlnkn hkm islam+memelihara kabah.da urangmah can tangtu bisa.ah sakieu wae abdi nu awam.mugi ktikan abdi th lepat.nyuhunkn ampun k Alloh+ksadaya.

  84. islam teu ngajar keun silih salah keun islam teu ngajar keun pasea…
    nu pasti islam mah cinta damai jeung anu resep kana perdamain kecualianjeu anu teu resep knu perdamaian..

  85. Sorangan heula we ach benerkeun…!!!

  86. karunya jelma2 anu pada coment , beunangna cangkangna wungkul , teu beunang kanu jerona.. erek balik kamana sia2 teh!!!!

  87. Alhamdulillah.. Kami sangat berterima kasih atas segala informasinya. Semoga kita semua dalam bimbingan-NYA.. Amein!

  88. punten “A”

  89. memang geus loba diluar awewe bangga akan dosa memang sudah di cabut rasa malu ya. itu salah satu tanda dunia mo kiamat. kumaha atuh ulama na?

  90. Asllmkm, para wargi2 sadayana.
    Nuhun ach abdi jd terang info2….

  91. salam ka laskar saung seng, horas lah euy…

  92. ass….. wat ikhwan2 semua.. ada acara shalawat berjama’ah.. yg insya allah diadakan tgl 20 april 2011 jam 07.00 pagi…. tempat ditugu monas jakarta… insya allah akan dihadiri putra2 mama… mohon do’a-nya semoga acara ini berjalan dengan baik ….

    contact person hub. 08567555855
    atau dateng sendiri kegentur …

  93. garoblog sia kabeh geh,,,,,,,,,,,,,,,,

  94. Bener tuh besok ada shalawat bareng tgl 20 april dimonas..
    kalo mau tau tentang almarhum dateng aja disono ada para putra..
    ada habaib2 termasuk wan syaikhon albahar dan habib riziq shihab
    dan santri2
    1.jangan memberi keterangan kalo ga tw tampa ada confirmasi dari keluarga tersebut..
    2.jangan menghina, kaya lo manusia paling sempurna aja menghina seenak jidat lo..

    ttd Santri bahLuL

  95. Aang nuh mah ngaharamkeun thoriqoh pdahal eta jelas sunnah rosul,,ngaharamkeun dzikir..piraku rek mahabah ka jalma kitu..

    • yg diharamin apanya dulu bro… kalo dalam satu ruangan itu cewe dan cowo campur tampa ada alat pemisah seperti hordeng nama’a apa??? meskipun itu tolab ilmu… belajar fiqih ga ente ?? … ari aang mah mungkin bilang haram ada alasaan’a… nah ente udah tw belum alesan’a apa ??? pke ngomong rek mahabbah ka jelma anu kitu… manehna oge pupus masih aya anu ziarahkeun … lamun ente modar , saha anu ziarah… ??? bedegong

      • assalamualaikum habib
        adbi sapendapat sareng habib tos kahartos matak seueur nu ngziarahan ge luhung ku elmu jembar ku amal aang mah
        sakantenan ahh nyuhunken pidu’a ka habib

      • mhun leres bib,abdi satuju.
        dasar jelma sarap nu kitu mah.

      • Ente mun modar moal d jiarah’n qu jelema tpi ente psti d jiarahan qu para bangsa anu narajis. Salam gerbang marhamah

    • nanaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa naha si teh meuni culangung pisan,kehed teh sia,mantak aang ngaharamkeun oge psti aya alesanna,ulah asal ceplos wae…

  96. Nana ente jgn sembarangn ngomong klo ƍαƙ Ťªϋ mama aang nuh itu sipa,mama aang nuh itu orang Ɣªήğ apik, ƍαƙ sembarangan dlm melakukan tindakan, ƍαƙ kya ente so Ťªϋ

  97. mugi2 urang sadaya aya dina rohmat gusti, saling ngahormati, istiqomah, mugi diaku murid kumama, cunduk kana waku ninggang kana mangsa sing dipasihan maot husnul khotimah, amin..

  98. subhanalloh…tong sok dipermasalahkeun anggur urang daro’akeun,eta teh sarua jeung guru jeung sepuh urang..sanes.
    sim kuring mah ngaku ibadah oge can bener…..
    kuring mah bangga gaduh sepuh sapertos
    mama ENUH

  99. Asslmamalaikum …..

    Hapuntn k sdayan’na ..
    mnurut pndapat syimkuring nu bodo ku pangarti mah,teu kdah di kieu2 sagala,,teu kdah di pasang di intrnet,teu kdah di hawar2..nu pko’na mh ayna urang ngiring kna ajaran Manten’na we,,,
    kade sing akur jeng dulur sa islam..
    urang mh kabeh dulur….

    Wassalam..

  100. Smoga para penerus guru2 qta,dipanjangkan umurnya serta diberi kesehatan,آمينَ,

  101. SETAN KABEHANGEH

  102. INTERNET GEH HARAM,,,, DOSPEK TOLOL,,,,,

  103. assalamualaikum..wr wb….
    punten kanu teu apal sejarah na mama aang nuh ulah sok asal ucap komo bari debat mah…..
    mending kneh datangan we ka gentur langsung supados langkung jelas….
    hatur nuhun…wassalam……

  104. Assalamu’alaikum wr.wb.hartina mahabah ka alloh,nuturkeun rosulna,anu tos dipiasih,dituturkeun deui ku sohabat,teuras kitu jng kitu tug dugi ka para ulama,teuras ka umaro,sadaya wali perjalanan sami,namung kumaha sipat nyanak hikmah, hasil ngulik elmu tina al.qur’an,anu jeulas sadaya manut ka kg jng nabi muhamad rosululoh s.a.w,caranamah bade dikir naon wae anu sipatna tauhid ka alloh,ngan salian tikang jng rosulmah teu aya deui nabi,kasakur anu nyuprih mahabah,ari urangmah jalmi biasa,bisa bismilah teh tiguru, guru tiguruna deui tug dugi kanu mimiti nampi dawuhan,tos tangtos moal langkung ti rosul,kukituna salaku nu mahabah ka alloh,tangtos solawat heula ka rosululoh da teurang kana pituduh kitab nuduhkeun ka allohteh timanteuna. ari nu tos pahamah, ngaos solawat ka nabi,bari jeung miconto ahlakna pan mahabah,kakara tumeurap solawat jadi lampah,sanes ukur kagum ku kaelmuan wungkul,ari ahlakna teu ngeunteung karosulmah,keukeuh sanajan ngulik elmu te jadi conto keur nu di amanatan deui,cing ihklas ngaos zikir jng solawat,sarimagkeun jng laku lampah,awal ahir kasipatan ku ahlak rosul,margi nyicingkeun laku lampah dina pangeunteungna rosulmah pasti,ari elmumah tos nyampak dina al.qur’an,asal pas imana yen ieu suara ti alloh dugi ka auliateh,nu mertelakeun pirang2 kajanteunan,kari imanwe atanapi percaya yakin,margi allohmah moal bingungeun ngeursakeun mahlukna,poma ulah pareubut paham,mama aang conto salah sawios anu dikeursakeun ku alloh, moal ka etang jumlahna nu dikeursakeun kituteh,jadi teu bingung,sokwe milari elmu keur jalan ka allohmah,bade ti ulama mamanage sami,tong ngudag ka ahengan tinu atos,tapi nga ahengkeun alloh dina diri,ku cara pakait2 kapara ulama,pan ulamage kitu kaluhurna,mun teu ngango saksi ulama atanapi be’at,sakumaha teurang jikir naon2ge komo ngoreh sorangan.ari teu nyilsilah ka ulamamah,kaseubat ajaran liar,teu aya nu tanggung waler di aherat,ari nyusul amanat ngajak ka alloh nu tirosul,keudah pa kait2 seperti geurbong kareta api,lokomotipna rosululoh nu tos teurang ka alloh pangpayuna.pa amanat2we pa harewos2.jadi teu bingung,kadar elmu nu di pelajari ijabahna atanapi ka janteunana urusan alloh,atawa bagean gusti.nu wajibteh pan ihtiarna,ari hasilmah urusan alloh,ngan sa orana ari di ajar ka jalma nu tos apal jeulas atawa SIDIQ moal direkayasa,jng lain kahayan eta kajadiana oge ukur ku kersana alloh.apan di ulamamah,tos keuna kana basa,howariqul lil adat,hartosna:luar tina adat kabiasaan manusa biasa,tos ku daya irodoh gustina,moal ka elmuan,da elmu mah jalana keur ka dinya,dak dumadakan aya rasa nu ngawasa akibat kateukeun batin ka allohna takwa salamina. geus dugi kana rasana aherat,lain rasa dunya.rasa dunyamah ti alam dunya,rasa aheratmah rasa tiaherat,ari aherat teuteup urusan alloh, rasateh batin ka aherat, jin setan siluman malaikat eta disipat alam aherat, jadi apal kana kajadian diri/hirup,sabab sipat hirup aya nu ngeusian usik ti sipat aherat,sipat roh.ngan ari ulamamah nuturkeun aulia teu mawa kareup sorangan,jadi di mirajkeun,dinyahokeun ka wilayah2 aherat,ku kateurangan jng disuprihma,di susul ku teu tuang teu leueut teu aya rencang nyusul teumpat padumukan alam aherat,nu di seubat hakekat tea aya 7 wilayah,nu tujuh wilayah tos aya rasa dimanusa kantun nyusul nu sampurna alam ka 1 dugika 3 eta wilayahmah masih kotor sipat iblis,ari ti 4 dugika 7 mah tos sipat suci,tah kitu ku lamamah tos ka anjangan alamna wilayahna.nu parantos kalakonan ku rosulluloh tur sohabatna tabiin.sakituwe ti sim kuring,sakilas jalanwe heula wasta ujang caryana.kp sindur rt 02/08 Ds.alamendah kec.RANCA BALI.pemekaran kec.Ciwidey.BANDUNG Alohuma soli ala sayidina muhamad..wa ala ali sayidina muhamad.hatur nuhun .WSLMU ALAIKUM.W.R.W.B

  105. Abdul fakhri,,seueur nu kalangsu ku elmu,tikapungkur dugika kiwari,kana kalimah alloh tos kirang adab,disamikeun jeng nami jalmi,teu kena kana sipatna,sipat alloh maha mulya,luhung tur agung,alloh moal tiasa di ibaratkeun jng naon wae perkara nu aya didunya,mun urang nyieun patung jalma,eta patung moal jigah nu ngadameulna,kitu deui urang salaku manusa,kudu apik jng taliti kana naon2 nu rek di caritakeun, sanajan rame pirang2 nu nyuprih kama’rifatan,ari teu apal kanu dima’rifatan teuteup gagal,asma alloh keudah panteus di seubatkeunana,bari jng nuduhkeun kana… Ka agunganana,alloh nu murba wisesa,cukup ku silih tuduhkeun kana parentahna,da nuduhkeun ka allohmah moal tiasa?namung nga amanatkeun pituduh ka kaumna deui,islam agama suci keurmah hiji tambah gaib,islamteh ngandung harti,aslamah,kasalameutan,ari nucilakamah tina pagawean urang,cing arapik nyuprih,margi tos salah ngama’naan jadi sok pabeulit,keun ari karek ngelmumah tong waka ujug yen tos jadi hamba alloh,elmu taya tungtungna,can ge angeus pagaweanteh jol dijual diduitkeun,ari ditanya saha alloh,jng dimana,tos ngaharuleung,ulah ngudag untung tina pituduh,numpang keuren tina al.qur’an,da kecap hade dina pituduhmah pagawean ahlak mulya,ari nu asli to’ateh pirang2 kajadian jadi jalan tapakur,pikeun neuleuk2 pilampaheun nu kira bisa dipigawe,anu baris jadi penilaian hade ti alloh,tanpa hayang kapuji,ari nu migawe rido alloh,jalma anu apal kana bubutuh nu pakir,boh pakir ku budi peukeurti,boh materi,da’wahteh lain ku carita,tapi ku lampah nu hade,anu dicarioskeun al.qur’an jng sunah,ari jalan pagawean teu kagarap,misil conto seur nu da’wah ku suara,tapi nu pakir ukur nyeungir,reuseup ku ngabodorna,ari kana hukumah,seueur nu teu apaleun,jeung lamun jalma naek darajat dina sareat agama,seueur nu mangeranan nu bodo,simiskin butuh materi,pangbubungah sangkan teu kupur,ahli da’wah kudu rakeut,margi eta amanat alloh,ulah ningal wujud hina tingalmah nu ngeursakeunana.eta nu apal ka alloh.teu sindi sampir jalma kupur,kapir,bari can pernah meurjuangkeun hayang kana ningkatna darajat simiskin.pakean ginding tiheula mustami rudin kacida,dawuhan asa gaduhna teu isin kunu gaduhna..majarkeun neupikeun amanah, nulapar tteuplaparna,dawah2 lapar2,teu nasurup.kana pituduh,al.qur’anteh pituduh keur nu takwa,loba nu teu apal barang nu dituduhkeun,anak yatim,jompo,janda tua,pakir miskin ukur ku dawah,lain upayakeun..tapi teu sadaya ahli dawah kitu ngan aya diantarana,anu tos kana rasamah, ngadawah kana dirina,ngadawuh kana dirina,menang pitulung keur nulung,menang tuangeun keur mere tuangeun,menang usaha keur nu teu usaha,eta nukitu ahlina alloh ta ala,dipenta tanaga, harta,harti,pikiran ku alloh,jng nuduhkeun kana al.qur’an sangkan apal kapangeran teu gumantung ka mahlukna yeun bisa migawe hadeteh dasar tina al.qur’an tah barang anu kudu kagarap mantuan kanu teumampuh nya eta kholipah tea,tah eta jalan keur ka allohmah.ari nau migawe jalan kaalloh etateh sidik abdina. wasalam…

  106. eh da mang hebatt

  107. assalamu’alikum wr wb, pangersa abdi hoyong terang dalil – dalil anu ngaharamkeun speaker (Qur an, Hadits, Ijma srg QIYAS) na , supados jelas ngahukumana, ulah ngansakadar euceuk tapi teu te aya dalilna

    • sebelum bertanya dalil larangan , ente punya dalil yg shoheh gak memakai speaker ??? masing2 punya keyakinan …. albid’atu dholalatu syar’an ihdatsi amri fiddin ….. tuh kalo yg ane dapet dari gentur

    • mohon maaf sekedar meluruskan masalah yang lalu tentang pemakaian sepeker. sebetulnya Mama Gentur kidul ( Mama KH Muhammad Qurtubi ) juga Mama Gentur kaler (Mama KH Ahmad Syathiby ) tdk pernah mengharamkan sepeker tapi Beliau berdua tdk pakai, ولاتقولوا لما السنتكم هذا حلال وهذا حرام الخ tapi kita jangan picik pemikiran, dengan beliau tdk memekai sepeker bahwa etu haram, bahkan ada sebahagian muridnya mengatakan bahwa beliau ( Mama Kidul juga Mama Kaler ) dengan penuh ke khudluan dan ke ‘arifan tentang hukum sepeker itu tawakup, maksudnya bukan masalah tau dan tidaknya hukum itu tapi dengan kewaro’an nya dan ke ‘arifan nya tau ‘akibat mafsadatnya beliau menjauhinya. jadi sekali lagi beliau dengan tidak memakainya bukan berarti mengharamkan, tapi dengan sangat di sayangkan kebawahnya mungkin ada semacam keinginan tujuan yg baik seperti bakal banyak mafsadatnya bila di lakukan sebagai mana yg akhina saksikan ( ومن المعلوم) supaya ceritanya di turut orang terpaksa meng atasnamakan kata Mama Gentur kata Mama Gentur kata Mama Gentur. masyaAlloh jeleknya kembali ke Beliau ( sekali lagi kata Mama Gentur tidak pernah mengharamkan sepeker ) Wsss

  108. aslmkum?….kumaha dulur” kabarna?……berhubung abdimah jalmi bodoh.mun aya kaslahan mohon di mafin?…..Alhamulilah sabari abdi baragajul dari borojol sim abdi n keluarga mah jarah kagentur ga sampai ketinggalan sabari satun sakali geu!…..
    mun aya kasalahan sesama jalmi di musawarkeun bae, mun salh kasih tau saling mengelingken lah…… salam kenal ja dari badar anak ciburayut cigombong nu muara kajakarta jambore nasional cibubut te.mun aya kabar teteng Gentur kabarin ananya wasalammmmmm

  109. wilujeung teupang…………..

  110. neupangkeun,,,,ka aki,,,,

  111. karoplok jalma nu ngagogoreng guru aing….. tarolol tangkurak sia.. euweuh kasopanan ngagogoreng wali allah. culangung bedegong mending mun elmu sia diluhureun wali… tong mikiran jalan batur urus weh supaya tangkurak sia teu nepi dihakan ku seuneu naraka JAHANAM SIA. allahumma fakkihum fiddiin. gentur idzharul haq…

  112. Alhamdulillah,saya santri juga santri gentur yg sekarang sedang tugas di sudan,berkat bantuan doa para ikhwan semua nya,saya juga pernah ziarah ke maqam aang nuh,ke putra nya aang ningrat.terimakasih sya ucapkan kepada semua nya,uwak,cep rony dan aang mak…

  113. rame, sadayana,silih debat, adu dalil.ari saur sim kuring mah sadayana oge parantos di atur K u ALLAH subhanahu wataalla,keur masing masing diri dirina.aya anu gaduh pendapat amaliyah dunya,kanggo kesejahtraan umat islam sae,eta kanggo ngamajukeun umat keneh,sami sareng ngamalkeun ajaran agama,ngamajengkeun keneh siar agama, atuh anu ngajeroan masalah batiniyah,atanapi ilmu mak’rifat ka ALLAH Swt,sae..da jalmi mah moal leupas tina pangersana ALLAH Swt, mak’rifat atanapi mengenal ka Gusti ALLAH ,di kedahkeun,da urang nyembah teh kedah terang ka nu di sembahna ,eta kanggo nambih kayakinan,ka urang sadayana.anu ahirna sadayana oge uihna mah,kana babaktos ka gusti ALLAH swt,
    atanapi keren na mah manifestasi hablum minAllah teh nyaeta hablum minannas, upami urang parantos mengenal K Allah pasti Urang nyaah kasasama Mahlukna Allah swt.nyaeta dina bentuk cinta kasih,eta maksadna saidina Muhammad Rosulullah solallohu alaihi wasalam di isrokeun sareng di Mi’rajkeunnana ku ALLAH swt,bari nyandak syariat agama islam.
    tah saleresna mah naon anu diributkeun nana,da maksadnamah ka dinya-dinya keneh,paling perbentenan nana mah dina masalah kakiyatan kayakinan dina hate urang. ayeuna ilmu anu pernah di laksanakeun ku Almarhum Kiai Aang Enoch nyaeta ilmu makrifat,anu buktosna katingali ,kakuping ku sadayana nepi ka nembus masalah luar adat,eta teh karunia ti Gusti Allah Ka Mantenna ,supaya jalmi teh tambih yakin,kana kajembaranana Allah swt.
    wassalamu alaiku warahmatullahi wabarakatuh

  114. tambihan perkawis speaker,saleresna teu aya dalil hadish anu,ngalarang kana nganggona,namung menurut sim kuring,di gentur rupina di teukengengkeun teh pedah sok ngaganggu kana katenangan warga sadaya,komo upami urang nuju husu dina dikir atanapi nuju istirahat,beledag weh soanten speaker,komo bari jeung di anggo heureuy ku murangkalih,pan kacida reuwasna atanapi ngagangguna ka urang, anu kadua upami dina mingguan dispeakeran mah sok jarang dararongkap kana riungan minggonan,alesannana da kakuping cenah,sareng mungkin seueur deui anu janten pertimbangan di teu kengengkeun nana speaker di gentur, punten hatur uninga upami hiji alat sanaos teu aya ti nabina ku urang kedah di tingali teh masalah manfaat sareng madaratna hiji perkara.
    punten pisan kasadayana,sanaos abdi sanes urang gentur atanapi santri gentur,tapi dina hiji hal anu saluyu sareng sim kuring,nya matak naon upami masihan pendapat.
    wassalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh’

  115. HAPUNTN KSDYN , ABDI NGIRINGAN ACH

  116. assalamualaikum wr.wb….
    buat semua rekan2 yang mengaku santri gentur tolong segera luruskan berita2 miring tentang gentur, saya juga belajar di gentur, saya tidak suka mendengar berita tentang gentur ada di internet karena kami tidak mau akhirnya jadi begini, saling debat sesama muslim, bukannya saling bersatu dari pesantren manapun untuk menghancurkan yang tidak sesuai dengan syariat Islam, ada apa dengan kalian semua, merasa jago hanya baru mengenal sedikit, tadinya saya tidak mau untuk memberi tanggapan disini, tapi hati kecil saya tidak terima gentur di jelek2kan oleh saudara seimannya sendiri, kepada yg pertama membuat berita tentang gentur di internet tolonglah bertanggung jawab, mungkin maksud anda baik, tapi begini jadinya, jadi kalau bisa hapus saja semua berita tentang gentur, kami memang tidak ingin dipublikasikan, wassalam.

  117. gentur is the best…

  118. assalamualaikum wr wb saya baru mengenal KH Abdullah Bin Nuh ini sama dengan nama Aang Nuh dari teman saya teman saya ini mempunyai guru yaitu anak didik nya aang nuh saya mau tau lebih dalam syareat islam dan dimana makam aang nuh ini kalo boleh tau tolong bales yaah saya ingin memperdalam ajaran islam terima kasih wassalamualikum

  119. nepang keun abdi , murangkalih cilamokay ……. jaya indah . kantos abdy sasih maulid kaping baraha nya hilaf dai ….. ngiring haul mama gentur ,samemeh angkat ka makom mama . abdi istrahat hla ka pasantren KH Khoirul anam jambu dipa .
    , eta sanes di ci anjurna makom mama teh .?…………

  120. cik sopa eyy

  121. ieu ciri-ciri akhir jaman, elmu geus diangkat ku Allah ngaliwatan cara dipupuskeunna para ulama, tah ayeuna mah urg kudu mikiran kahareupna rek kumaha anak incu urang lain kalahkah ngagogoreng ulama, anggur mah urang kudu berusaha bisa ngangkat darajat urang ku jalan ibadah, Aang Nuh teh salah sahiji wali, para wali mah tong boroning hirupna geus maotna ge mawa manfaat kanu hirup

  122. Punten..dupi Gentur teh palih manaeun terminal cianjur,naek angkot naon upami bade ka Gentur,akang hayang jarah ah.Maca komen ngadon lieur jalangar kieu ieu teh!padahal gogling teh nyiar alamat nu jelas tapi na ngadon papanggih jeung nu parasea.nu aman palih mana nya..?bade ngiring ngalangkung ah!lekum..

  123. Diam itu emas praktek lebih baik daripada teori

  124. Barin aje biar kwalat gagabah ka mama gentur

  125. Allahuakbar…………………….

  126. keturunan Alm Mama Aang NUH yang mendapatkan ilmu maupun sirr nya adalah cucunya, Alm Aang Muhayat dan yang sekarang mendapatkan ilmu maupun sirrnya adalah Aang Yusron, anaknya Aang Muhayat. mereka adalah orang2 yang rapi fikihnya

  127. Kamana we ngarang cerita aang nuh teh , kalau ga tau jangan se enak nya cerita, apalagi ditulis di internet, ga ada alesan yg nulis ceita aang nuh, goblog, aing budak bandung

  128. Bahaya eta anu ngarang cerita mama Gentur, ulah harep teing euyyy, ari te nyahoo mah, riwayat mama Gentur,

  129. Asalamu ‘alaikum warohmatullohi wabarokatuh.
    Salam hormat kanu gaduh ieu sajarah. Sim abdi seja nyuhunkeun idzin ngiring maos.
    Wslm
    Abah Hamlawi Cimulang Bogor.

  130. “Assalamu alaikum warrohmatuLLOHI wabarokatuh..”
    Leures pisan daripada ngadebatkeun mah mending urang pada ngaji ka gentur-picung supaya teurang nyalira.
    Sareung bilih aya nu teu ngartos kana sabab pelajaran ti gentur-picung nga teu kengengkeun kana bangsa alat elektronik sapertos tv sareung nu sejen na, mangga dongkap ka gentur taroskeun langsung da aya penerusna, tapi bilih aranjeun merasa gengsi karena ngarasa diri anjeun intelek jalmi modern mangga ku abdi dipasihan hiji reperensi kangge anjeun supados teurang naon sabab na alatul malahi d teu kengengkeun ku para ahli soleh gentur-picung.
    kangge DVD na ku abdi tos di sayogikeun, ngan sa atos na pami anjeun sadar bahwa nu di teurangkeun ku para ulama gentur teh geuning leureus tong kaget nya, ^_^

    ♥MANGGA INBOK WE KA FACEBOOK ABDI KIN DI PASIHAN DVD NA♥

    “Wassalamu alaikum warrohmatuLLOHI wabarokatuh.”

  131. ass….
    sini sini yg blm tau gentur datang yang sopan terhadap para putra yg masih hidup…. perlu penerangan tentang nasab dan sejarah gentur … mumpung lagi haol biar ente bisa liat langsung seberapa hebatnya seorang yg alim membangun desa Gentur … dengan akhlak yg mulia … berkah untuk semua kalangan .. dari pedagang dan peziarah dan bahkan orang kampung disekitarnya ikut merasakannya… hinaan ,caci maki, fitnah terhadap guru kami agar allah meluruskan hatinya …

  132. Seluruh manusia akan menjadi saleh jika saja tak ada 5 masalah: Tak ada kerelaan atas kebodohan, Tak ada keserakahan atas kekayaan, Tak ada rasa bakhil atas hartawan, Tak ada sifat riya’ bagi insan beriman dan tak ada ilmuwan yang mendewakan karya pemikiran (Sayidina Ali )

  133. Assalamualaikum….
    dalam (Hilyatul Auliya’ 9/113)
    حدثَنَا حَرْمَلَة بْنُ يَحْيَى قَالَ : سَمِعْتُ مُحَمَّدَ بْنَ إِدْرِيْسَ الشَّافِعِي يَقُوْلُ : البِدْعَةُ بِدْعَتَانِ بِدْعَةٌ مَحْمُوْدَةٌ وَبِدْعَةٌ مَذْمُوْمَةٌ، فَمَا وَافَقَ السُّنَّةَ فَهُوَ مَحْمُوْدٌ وَمَا خَالَفَ السُّنَّةَ فَهُوَ مَذْمُومٌ، وَاحْتَجَّ بِقَوْلِ عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ فِي قِيَامِ رَمَضَانَ : نِعْمَتِ الْبِدْعَةُ هِيَ

    Imam Nawawi berkata dalam al-Minhaj:

    قال العلماء: البدعة خمسة أقسام: واجبة ومندوبة ومحرمة ومكروهة ومباحة، فمن الواجبة نظم أدلة المتكلمين للرد على الملاحدة والمبتدعين وشبه ذلك، ومن المندوبة تصنيف كتب العلم وبناء المدارس والربط وغير ذلك، ومن المباح التبسط في ألوان الأطعمة وغير ذلك، والحرام والمكروه ظاهران

    Berkata para Ulama: Bid’ah itu lima bagian, yaitu bid’ah yang wajib, yang mandub, yang mubah, yang makruh dan yang haram. Bid’ah yang wajib contohnya adalah mencantumkan dalil–dalil pada ucapan–ucapan yang menentang kemungkaran, dsb. Contoh bid’ah yang mandub (mendapat pahala bila dilakukan dan tak mendapat dosa bila ditinggalkan) adalah membuat buku-buku ilmu syariah, membangun majelis ta’lim dan pesantren, dsb. Dan bid’ah yang mubah adalah bermacam–macam dari jenis makanan, dsb. Dan bid’ah makruh dan haram sudah jelas diketahui.

    Al-Baihaqi dalam Manakib Imam Syafi’i meriwayatkan bahwa Imam Syafi’i berkata: “Perkara-perkara baru itu ada dua macam. Pertama, perkara-perkara baru yang menyalahi Al-Qur’an, Hadits, Atsar atau Ijma’. Inilah bid’ah dholalah/sesat. Kedua, adalah perkara-perkara baru yang mengandung kebaikan dan tidak bertentangan dengan salah satu dari yang disebutkan tadi, maka bid’ah yang seperti ini tidaklah tercela.”
    Mari kita kutip perkataan Shaykh Ibn Taymiyyah pedoman ulama wahhabi(tentang adanya bid ah hasanah ) di dalam Majmu’ al-Fatawa (20/163):

    ومن هنا يعرف ضلال من ابتدع طريقاً أو اعتقاداً زعم أن الايمان لا يتم إلا به، مع العلم بأن الرسول لم يذكره، وما خالف النصوص فهو بدعة باتفاق المسلمين، وما لم يعلم أنه خالف…ها فقد لا يسمى بدعة، قال الشافعي رحمه الله: البدعة بدعتان: بدعة خالفت كتاباً وسنة وإجماعاً، وأثراً عن بعض (أصحاب) رسول الله صلى الله عليه وسلم، فهذه بدعة ضلالة، وبدعة لم تخالف شيئاً من ذلك فهذه قد تكون حسنة لقول عمر: [نعمت البدعة هذه] وهذا الكلام أو نحوه رواه البيهقي بإسناده الصحيح في المدخل

    Banyak dari kalangan wahhabi salafy memberi terjamahan dan pemahaman yang salah dalam hadist berikut

    مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ

    lalu di artikan ““ Barangsiapa yang berbuat hal baru yang tidak ada perintahnya, maka ia tertolak “

    arti dan pemahaman yang benar adalah :” Barangsiapa yang melakukan perkara baru dalam urusan kami yaitu urusan syare’at kami yang bukan termasuk darinya, tidak sesuai dengan al-Quran dan hadits, maka perkara baru itu ditolak “

    Makna tsb sesuai dengan statement imam Syafi’i yang sudah masyhur :
    ما أُحدِثَ وخالف كتاباً أو سنة أو إجماعاً أو أثراً فهو البدعة الضالة، وما أُحْدِثَ من الخير ولم يخالف شيئاَ من ذلك فهو البدعة المحمودة

    “ Perkara baru yang menyalahi al-Quran, sunnah, ijma’ atau atsan maka itu adalah bid’ah dholalah / sesat. Dan perkara baru yang baik yang tidak menyalahi dari itu semua adalah bid’ah mahmudah / baik “

    – Istidlal ayatnya (Pengambilan dalil dari Qurannya) :

    وَجَعَلْنَا فِي قُلُوبِ الَّذِينَ اتَّبَعُوهُ رَأْفَةً وَرَحْمَةً وَرَهْبَانِيَّةً ابْتَدَعُوهَا مَا كَتَبْنَاهَا عَلَيْهِمْ إِلَّا ابْتِغَاءَ رِضْوَانِ اللَّهِ

    “Dan Kami (Allah) jadikan dalam hati orang-orang yang mengikutinya (Nabi ‘Isa) rasa santun dan kasih sayang, dan mereka mengada-adakan rahbaniyyah, padahal Kami tidak mewajibkannya kepada mereka, tetapi (mereka sendirilah yang mengada-adakannya) untuk mencari keridhaan Allah” (Q.S. al-Hadid: 27)

    – Istidlal haditsnya (pengambilan dalil dari haditsnya) :

    مَنْ سَنَّ فِيْ الإِسْلاَمِ سُنَّةً حَسَنَةً فَلَهُ أَجْرُهَا وَأَجْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا بَعْدَهُ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أُجُوْرِهِمْ شَىْءٌ، وَمَنْ سَنَّ فِيْ الإِسْلاَمِ سُنَّةً سَيِّئَةً كَانَ عَلَيْهِ وِزْرُهَا وَوِزْرُ مَنْ عَمِلَ بِهَا مِنْ بَعْدِهِ مِنْ غَيْرِ أَنْ يَنْقُصَ مِنْ أَوْزَارِهِمْ شَىْءٌ

    “Barang siapa merintis (memulai) dalam agama Islam sunnah (perbuatan) yang baik maka baginya pahala dari perbuatannya tersebut, dan pahala dari orang yang melakukannya (mengikutinya) setelahnya, tanpa berkurang sedikitpun dari pahala mereka. Dan barang siapa merintis dalam Islam sunnah yang buruk maka baginya dosa dari perbuatannya tersebut, dan dosa dari orang yang melakukannya (mengikutinya) setelahnya tanpa berkurang dari dosa-dosa mereka sedikitpun”. (HR. Muslim)

    Dalam ilmu Balaghoh :

    Dalam hadits tsb memiliki manthuq dan mafhumnya :

    Manthuqnya “ Siapa saja yang melakukan hal baru yang tidak bersumber dari syareat, maka dia tertolak “, misalnya sholat dengan bhsa Indonesia, mengingkari taqdir, mengakfir-kafirkan orang, bertafakkur dengan memandang wajah wanita cantik dll.

    Mafhumnya : “ Siapa saja yang melakukan hal baru yang bersumber dari syareat, maka itu diterima “ Contohnya sangat banyak skali sprti pembukuan Al-Quran, pemberian titik al-Quran, mauled, tahlilan, khol, sholat trawikh berjama’ah dll.

    Berangkat dari pemahaman ini, sahabt Umar berkata saat mengkumpulkan orang-orang ungtuk melakukan sholat terawikh berjama’ah :
    نعمت البدعة هذه “ Inilah sebaik-baik bid’ah “
    Dan juga berkata sahabat Abu Hurairah Ra :

    فَكَانَ خُبَيْبٌ أَوَّلَ مَنْ سَنَّ الصَّلاَةَ عِنْدَ الْقَتْلِ (رواه البخاريّ)

    “Khubaib adalah orang yang pertama kali merintis shalat ketika akan dibunuh”.
    (HR. al-Bukhari dalam kitab al-Maghazi, Ibn Abi Syaibah dalam kitab al-Mushannaf)ز

    Jika semua perkara baru itu buruk, maka sahabat2 tsb tidak akan berkata demikian.

    Nah sekarang kita cermati lagi makna hadits di atas dari wahhabi salafi :

    مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ

    Hadits ini mereka artikan :

    Pertama : “ Barangsiapa yang berbuat hal baru dalam agama, maka ia tertolak “

    Jika mreka mngartikan demikian, maka mereka sengaja membuang kalimat MAA LAITSA MINHU-nya (Yang bersumber darinya). Maka haditsnya menjadi : مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هذَا ُ فَهُوَ رَدٌّ

    Kedua : “ Barangsiapa yang berbuat hal baru yang tidak ada perintahnya, maka ia tertolak “

    Jika merka mngartikan seperti itu, berarti merka dengan sengaja telah merubah makna hadits MAA LAITSA MINHU-nya MENJADI MAA LAITSA MA-MUURAN BIHI (Yang tidak ada perintahnya). Maka haditsnya menjadi : مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هذَا مَا ليَْسَ مَأمُوْراً بهِ فَهُوَ رَدٌّ

    Sungguh ini sebuah distorsi dalam makna hadits dan sebuah pengelabuan pada umat muslim.

    Jika mereka menentang dan berdalih : “ Bukankah Rasul Saw telah memuthlakkan bahwa semua bid’ah adalah sesat, ini dalilnya :
    وَإِيَّاكُمْ وَمُحْدَثَاتِ الأُمُوْرِ فَإِنَّ كُلَّ مُحْدَثَةٍ بِدْعَةٌ وَكُلَّ بِدْعَةٍ ضَلاَلَةٌ (رواه أبو داود

    Maka kita jawab : Hadits tsb adalah ‘Aam Makhsus (lafadznya umum namun dibatasi) dgn bukti banyak dalil yang menjelaskannya sprti hadits 2 sahabat di atas. Maksud hadits tsb adalah setiap perkara baru yang brtentangan dgn al-quran dan hadits.

    Perhatikan hadits riwayat imam Bukhori berikut :

    أشار سيدنا عمر ابن الخطاب رضي الله عنه على سيدنا أبو بكر الصديق رضي الله عنه بجمع القرآن في صحف حين كثر القتل بين الصحابة في وقعة اليمامة فتوقف أبو بكر وقال:” كيف نفعل شيئا لم يفعله رسول الله صلى الله عليه وسلم؟”
    فقال له عمر:” هو والله خير.” فلم يزل عمر يراجعه حتى شرح الله صدره له وبعث إلى زيد ابن ثابت رضي الله عنه فكلفه بتتبع القرآن وجمعه قال زيد:” فوالله لو كلفوني نقل جبل من الجبال ما كان أثقل علي مما كلفني به من جمع القرآن.” قال زيد:” كيف تفعلون شيئا لم يفعله رسول الله صلى الله عليه وسلم.” قال:” هو والله خير” فلم يزل أبو بكر يراجعني حتى شرح الله صدري للذي شرح له صدر أبي بكر وعمر رضي الله عنهما .

    “ Umar bin Khothtob member isayarat kpd Abu Bakar Ash-Shiddiq untuk mengumpulkan Al-Quran dalam satu mushaf ktika melihat banyak sahabat penghafal quran telah gugur dalam perang yamamah. Tapi Abu Bakar diam dan berkata “ Bagaimana aku melakukan sesuatu yang tidak dilakukan oleh Rasul Saw ?” MaKA Umar menjawab “ Demi Allah itu suatu hal yang baik “. Beliau selalu mengulangi hal itu hingga Allah melapangkan dadanya. Kmudian Abu bakar memrintahkan Zaid bin Tsabit untuk mengumpulkan Al-Quran, maka Zaid berkata “ Demi Allah aku telah terbebani untuk memindah gunjung ke satu gunung lainnya, bagaimana aku melakukan suatu hal yang Rasul Saw tdiak melakukannya ?” maka Abu bakar mnjawab “ Demi Allah itu suatu hal yang baik “. Abu bakar trus mngulangi hal itu hingga Allah melapangkan dadaku sbgaimana Allah telah melapangkan dada Umar dan Abu Bakar “.

    Coba perhatikan ucapan Umar dan Abu Bakar “ Demi Allah ini suatu hal yang baik “, ini menunjukkan bahwasanya Nabi Saw tidak melakukan semua hal yang baik, sehingga merka mngatakan Rasul Saw tidak pernah melakukannya, namun bukan berarti itu buruk.

    Jika merka mengatakan sahabat Abdullah bin Umar telah berkata :
    كل بدعة ضلالة وإن رآها الناس حسنة
    “ Setiap bid’ah itu sesat walaupun orang-orang menganggapnya baik “.

    Maka kita jawab :

    Itu memang benar, maksudnya adalah segala bid’ah tercela itu sesat walaupun orang-orang menganggapnya baik. Contohnhya bertaqarrub pd Allah dengan mndengarkan lagu dangdutan..

    Jika sahabat Abdullah bin Umar memuthlakkan bahwa semua bid’ah itu sesat tanpa trkecuali walaupun orang2 mengangaapnya baik, lalu kenapa juga beliau pernah berkata :

    بدعة ونعمت البدعة “ Itu bid’ah dan sebaik-baik bid’ah “
    Saat beliau ditanya tentang sholat dhuha. Lebih lengkapnya :

    عن الأعرج قال : سألت ابن عمر عن صلاة الضحى فقال:” بدعة ونعمت البدعة
    “ Dari A’raj berkata “ Aku bertanya kepada Ibnu Umar tentang sholat dhuha, maka beliau menjawab “ Itu bid’ah dan sebaik-baik bid’ah “.

    Apakah pantas seorang sahabat sprti Abdullah bin Umar tidak konsisten dalam ucapannya alias pllin-plan ?? sungguh sangat jauh dr hal itu.

    KESIMPULAN :

    – Cara membedakan bid’ah dholalah dan bid’ah hasanah adalah :
    والتمييز بين الحسنة والسيئة بموافقة أصول الشرع وعدمها
    “ Dengan sesuai atau tidaknya dengan pokok-pokok syare’at “.

    – Orang yang mengartikan hadits :
    مَنْ أَحْدَثَ فِيْ أَمْرِنَا هذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ

    Dengan : “ Barangsiapa yang melakukan hal baru maka itu tertolak “ atau “ Barangsiapa yang melakukan hal baru tanpa ada perintahnya maka ia tertolak “.

    Orang yang mengartikan seperti itu, berarti ia telah berbuat bid’ah dholalah / sesat, karena tidak ada dasarnya sama sekali baik dari Al-Quran, hadits maupun atsarnya..Dan telah sengaja merubah makna hadits Nabi Saw tersebut..dan kita tahu apa sanksi bagi orang yang telah berdusta atas nama Nabi Saw..Naudzu billahi min dzaalik..

  134. mending datang langsung ke gentur , bagi yang belum pernah biar ga ada salah paham , cucu nya anng nuh juga nikah sama kaka saya jadi sedikit banyak nya saya tau tentang mereka
    makasih :)

  135. SAE SADAYANAGE TP LANGKUNG SAE MENDINGAN NGEWE HAYAM LAH DARIPADA NGABARACOT ………..

  136. abdi mah hoyong pisan jd santri na

  137. Punten abdi ngenalkenyeh penggemar baru

  138. KHUSUSNA KA NENG HAJJAH MUJDALIFAH SLAM KANGEN LAN RINDU TI ABDI MANG AWHYU UTAWI MANG MAHYUDIN MANTAN KABOGOH ANJEUN

  139. Askm saha jalmina atuh anu alim beng har sadayanage pasti hoyong atuh kang mudah2an we atuh kacatet ken benghar wasalam ah dorong dunga na

    • punten ka sadaya na te kengeng nyarios itu iye ayena nu penting ma ngaji diri masing2 we tos tika mana urang sien ku gusti allah teh. Sot enamah ibada anu balener te kengeng nyalarios wae gera prakteken ku masing2 naon2 anu tos di aji ka guru masing2. Tos te kengeng nyarios itu ie dei abdi ma hawatos macanage.

  140. assalamualaikum…. wahai saudara ku… inilah kelemahan kita yang masih mempermasalahkan hal-hal yang kurang etis.. informasi itu tidak menyalahi aturan. biarkan sajalah untuk menambah wawasan keilmuan kita…kita ambil yang baik nya, sebarkan dan ajarkan, kita perbaiki yang buruk nya dan benarkan yang salahnya…. umat islam harus bisa mengkaji Al Qur’an, dan bukan cuma bisa mengaji….wassalam

  141. Amiin…Amiin…YRA.

  142. kok pada bertengkar sih…

    • Ari abdi mh kbiasanA NGOjek jadi te apaL ANU ku arente d permasaLASKEn ngan boga budak anu masantren d cidahu pandegLANG duka tah pun anak duka terangen duka hnte ie msLH’? Ges bLK ngojek urang tanya sugan we apaLEN TP sigana lmN apaLEN oge mwL cara arente anu mahir dina masaLAH agama maraneh

      • Askm kumaha damang kang m helid ya kang abdi oge sami teterang cuman saur ulama2 abdi sok nguping upami d pangaosan sejarah na allmarhum aang ya piraku we ari alim ulama mah bohong ya sepertos allmarhum mama hj qodir ci baregbeg allmarhum mama hj halir cipriyangan suka bumi ya kang sok sanaos tukang ojeg tekituen akang teh luhur ku elmu jembar ku panga bisa ya akang mah meren te yiriken jalmi ber elmu

  143. Huffttt…..

    Inilah Akhir Jaman……!!!!!

    Yang PINTAR ngikutin yang BODOH
    Dan Yang BODOH kaga mau BELAJAR….

  144. sesama islam kok ribut!!
    hadehhh islam sekarang banyak yg anarkis yahhh hmm..

  145. Tah jeulas ieu ge alatul malahi'(haram)bktoSna pd sili gorengkeun dasar buatan yahudi. .ongkoh santri nu kieu di ca ROO bae!!

  146. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ namah wawasn

  147. الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ

  148. As…..” kahatur ……Hum…Wae…..kasadayana….!!! Nepangkan..iye nami ..Abdi..timan..ari ..di gentur mah katelah ojos””” Abdi..kawit.. ti desa; panyingkiran kec; jati tujuh kab; majalengka jawa barat Email abdi gmanms@ymail.com

  149. Hey I am so grateful I found your webpage, I really found you by error, while I was browsing
    on Bing for something else, Nonetheless I am here now and would just like to
    say thanks a lot for a fantastic post and a all round exciting blog (I also
    love the theme/design), I don’t have time to read it all at
    the minute but I have bookmarked it and also added your RSS feeds,
    so when I have time I will be back to read a great deal more, Please do keep up the superb work.

  150. “Sesungguhnya aku (rasulallah SAW) diutus untuk menyempurnakan akhlak”. Berakhlak kepada Allah SWT, berakhlak kepada sesama manusia, berakhlak kepada diri sendiri, dan berakhlak kepada makhluk ciptaan Allah lainnya (seperti sumberdaya alam dan lingkungan serta yang ghaib). Semoga kita termasuk ke dalam ummat yang berakhlak seperti yang telah dicontohkan rasulallah SAW sebagai tauladan yang sempurna.

  151. berisik euy abdi mau tidur dulu ahhhhhhhhh

  152. Sungguh harum namamu yg kan trus dkenang dikota cianjur

  153. sim kuring asa kantos ngadangu yen anu dijadikeun dalil ku “Anti Speaker” pami teu lepat mah nyaeta
    ومن البدء المنكرات سماع القرأن من الحديد

  154. dari pada ribut lebih baik Shalawat Nariyah saja semoga yang ada di sini selalu dalam lindungan ALLAH SWT Amiin YRA

  155. hati-hati banyak kaum wahabi cerita yg menyesatkan … banyak manusia jahil murokkab … ulama ma’tsu … ciri2 orang yg sholeh ketika dia telah tiada namanya akan harum … cerita diatas tidak benar adanya … mama ga pernah : Karya-karyanya yang ditulis dalam bahasa Arab antara lain adalah al-Alam al-Islami (Dunia Islam), Fi Zilal al-Ka’bah al-Bait al-Haram (Di Bawah Lindungan Ka’bah), La Taifiyata fi al-Islam (Tidak Ada Kesukuan Dalam Islam), Ana Muslim Sunniyyun Syafi’iyyun (Saya Seorang Islam Sunni Pengikut Syafi’i), Mu’allimu al-‘Arabi (Guru Bahasa Arab), dan al-Lu’lu’ al-Mansur (Permata yang bertebaran). sedangkan mama adalah ahlu sunnah ..pada tahun 1926 ia dikirim belajar ke Fakultas Syariah Universitas al-Azhar (Cairo) selama dua tahun. Sekembali dari Cairo ia mengajar di Cianjur dan Bogor (1928-1943). dan ini pun juga bukan cerita mama almarhum dimasa lampau … yg jelas ini bukan riwayat mama almarhum gentur …. almarhum KH.AbduL haq Nuh bin KH.Ahmad Satibi itulah nama mama gentur … jangan terkecoh

  156. salam
    anu jelas te pantes nyarios keun bab ulama agama make alat2 jiga kiyeu, tos we maraen congklak.
    iyeu mah coco’owan oray.
    tolab elmu mah di majlis elmu.
    kula budak tolol anu hoyong di aku ku guru2 anu haq.

  157. Ingin belajar ilmu untuk menolong orang yg menbutukan krena Allah

  158. Mendo’akn Mencitai guru”kyai kita,sama seperti kita mencitai”Rosululloh Saw”yg dl memperjuang kn kita untuk tetap d jln”ALLOH SWT”sampai skr ini.

  159. PUNTEN MUNTIASA ULAH DUGIKA MANJANG DINA INTERNET DONGKAP WE LANGSUNG KA TEMPATNA.

  160. Nu leres eta teh ah asa t nyambung

  161. keun we kang..etang-etang silaturahmi para saderek anu respect..

    • cungur siiaa mh barelet kabeh,,
      parebut Ulama sagala dina situs internet,,
      cik atuh sing ngarti,anu di obrol ken ku ilaing teh tokoh ulama besar,lain goreng cucunguk,,
      bisi hayank nyaho,Gentur mah bagi jalma nu alim na,teu ridoeun ngaran Gentur nyebar dina situs buatan YAHUDI.nyaho.
      Cutraaat tah,dina tarang sia sakalian.
      By.kasifah

  162. Assalamualikum.. Wb.wb punten simkuring tos lami hoyong pendak sareng bu haji ageung, ang ningrat, ang encis, ang emah, ang aby, neng hajjah, ang encep sareng nu sanes na.. Abdi santri ang emah tn 2000-2005 pami aya santri gentur, kususna santri ang emah, nyuhungkeun waleran nana hatur nuhun

  163. Assalamau’alaikum……..
    punten sateu acana…….ari mama gentur pernah mengajarkan kepada santrinya untuk meminta-minta kepada jema’ah ziarah ??? meminta boleh tapi dengan penuh hormat dong, .soalnya barusan saya pulang ziarah dari mama gentur ,ada seorang jelema yang mengaku bahwa dia anak mama gentur, dan meinta uang sebesar Rp.200.000,- ..saya baru kali ini di paksa suruh sodaqoh sebesar itu ,masa ada sodaqoh harus di target, sodaqoh itu harusnya seikhlasnya saja. orang itu gak tau asli anak mama gentur atau cuma mengaku-ngaku saja ?? saya bukan membuka a’ib seseorang tapi ini menyangkut nama baik mama gelar guntur . tolong kepada santri guntur untuk lebih di selidiki , takutnya nama baik gentur tercoreng …
    mohon maaf yang sebesar-besarnya
    wasallamu’alaikum

    HAmba Alllah, BAndung, Baleendah

    • Subhanalloh. Ente telah berburuk sangka kepada yg meminta 200rb
      Ternyata ente blm cukup teruji , klu ga punya duit paling tidak bermuka manis dan berbaik sangka, terlebih kpd allah swt, karena org itu digerakkan oleh nya, ente jelas ga lulus, coba koreksi diri anda,

    • Kasihan banget ente jauh jauh ziarah, benerin tuh niat ente, hanya gaya nya aja org soleh, dalaman itu lebih penting utk di perbaiki, setuju ga dulur ?

  164. Ieu teh riwayat aang nuh sanes anu di telah mama gentur tea?

  165. eta artos teh kanggo uang keberesihan, sareng kanggo para santri, pan masantren di saung seng mh gratis total, jadi nyuhungken kanggo kaiklasanana, kanggo tuang para santri

  166. I know this web page presents quality depending content and
    other stuff, is there any other web site which presents these kinds of stuff
    in quality?

  167. ass.. punten lamun tiasa nya upami kersa nyuhunken di hapus komentar” na anu ntos nya”nak nami gentur + nami sesepuh gentur lamun tiasa pisan mah sareng blogs na hapus. (salam_amgt) anak muda gentut tengah.
    lamun hoyong hirup anjen berkah + manpaat. hapus

  168. hamputen kasadayana….bilih boga sajarah pendiri cimande tari kolot anu berurutan…….abdi hoyong menta hatur nuhun……

  169. ASALAMUALAIKUM.,
    kumargi bi jalmi..
    nu neme terang namina pasantren…bubuhan daek.
    ngiring nemrong..
    ari sadyana alin ualam ahli sufi naha ti gentur runtuyana sanes..?

    waler.

  170. 40 hari puasa mutih di Gentur sama dengan hidup 40 tahun di dunia luar

  171. Hello are using WordPress for your site platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and set up my own.
    Do you need any html coding knowledge to make your own
    blog? Any help would be greatly appreciated!

  172. keterangan palsu,, lalaora teng kehed ka founder gentur nyien ktrangan kie.. Can tangtu bener..

  173. duh siya eweh k palaur……. ngaji w sing bener… by aing s3 picung

  174. eweh kapalaur nyariosken nu tos parupus ,hati- hati kade- kade ,

  175. Heya are using WordPress for your site platform? I’m new to the blog world but
    I’m trying to get started and set up my own. Do you require any coding knowledge
    to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!

  176. salam sedulur sedulur kaum muslimin,,,hayu urang talapakur,,kanu tos di contokeun ku almarhum ulama besar sepertos aang,,,ulah hanya sekedar mahabah,,,v te di turutan,,hayu urang kintunan solawat,,,ka hamba allah nu di pikarido ku allah tur di mulyakeun ku papada jalmi, kalayan berkat barokah elmuna,,,

  177. subhanallah bogor sungguh beruntung memiliki ulama seagung ini

  178. Saya pertama dapat hidayah langsung megaji ke majlis al ihya pada tahun 2002 saya sedih walau telah sekian lama mengaji karna belang bentong saya masih belum bisa menjalankan apa yg di ajar kan….mungkin karna saya terlalu banyak dosa

  179. ikhtilap antara umat kami saur rasuul’ ulah jadi la’nat tapi kedah jadi rohmat”wasalam

    • Hapunten ka sadayana ulah sembaranggan, nya2nak nami gentur anjen sadayana suuladab ka mama.. Aya anu nyariyos di bumi mama aya barang2 alatul malahi saur saha eta teh doraka anjen nyariyos kitu jaga tah lisan ente kabeh…

  180. Abdi santri na

  181. Assalamu’alaikum ya ammirrul mu’minin..

    Nepangkeun.. K sadayana..

  182. Piraku ajengan aang nu karadio2 bohong eta mah,aang nuh mah apik,teu percaya tanyakeun guru urg,muridna aang nuh

  183. Mengingat,pesan nabikhidir as kpda musa as.untuk menurunkan ilmu ketempat yang kosong,.sbab dapat terisi ilmu lain..(Syaitan)berusaha menghlangi ilmu trsbut.hingga ingin menjdikan muslim terpecah belah..seperti saff/barisan.jika tidak ada yg punya keyakinan untuk mengisi,marilah kita makmum”alm”mama aang nuh gentur,imam kita tercinta yg mengisitempat kosong trsbut.yakin kita kelak bersaff sbagai makmumnya dikhir nanti.sesuai dngan golongn2 orang yg mendaptkan syafaat.sungguh berat bagi kaum lainnya untuk memahami tahapan/tingkatan ilmu yg hak sbgaimna nbi khidir as wasiatkan.

  184. Mengingat,pesan nabikhidir as kpda musa as.untuk menurunkan ilmu ketempat yang kosong,.sbab dapat terisi ilmu lain..(Syaitan)berusaha menghlangi ilmu trsbut.hingga ingin menjdikan muslim terpecah belah..seperti saff/barisan.jika tidak ada yg punya keyakinan untuk mengisi,marilah kita makmum”alm”mama aang nuh gentur,imam kita tercinta yg mengisitempat kosong trsbut.yakin kita kelak bersaff sbagai makmumnya dikhir nanti.sesuai dngan golongn2 orang yg mendaptkan syafaat.sungguh berat bagi kaum lainnya untuk memahami tahapan/tingkatan ilmu yg hak sbgaimana nbi khidir as wasiatkan.jgan terpedaya tipu muslihat jin dan syaitan, sungguh ia adalh musuh yang nyata bagi kita.

  185. Mengingat,wsiat/waris nabi khidir as kpda musa as.untuk menurunkan ilmu ketempat yang kosong,.sbab dapat terisi ilmu lain.jin(Syaitan)berusaha menghalangi ilmu trsbut.hingga ingin menjdikan muslim terpecah belah..seperti saff/barisan.jika tidak ada yg punya keyakinan untuk mengisi,marilah kita makmum”alm”mama aang nuh gentur,imam kita tercinta yg mengisitempat kosong trsbut.hingga tiada tempat bagi jin syaitan di tempat kita.dengan tetap menghidupkan ajarannya,yakin kita kelak bersaff sbagai makmumnya diakhir nanti.sesuai dngan golongn2 orang yg mendaptkan syafaat.sungguh berat bagi kaum lainnya/yg tidak bertafakur untuk memahami tahapan/tingkatan ilmu yg hak sbgaimana nabi khidir as wasiatkan/wariskan.jangan terpedaya tipu muslihat jin dan syaitan, sungguh ia adalh musuh yang nyata bagi kita..

  186. Kok gak pernah ada di tv.

  187. khusus k jalmi nu ngamenangkeun speker nu ngagorengkeun gentur dan yg mau tau dalil haramnya speker buat ibadah datang saja ke bogor cissrua puncak ds btulayang disitu ada lambang bulan bintang yg di terapkan oleh pang lima marhabba guru saya…..mungkin yg prnh k gentur tau….soalnya klo ente ente datang k gentur di takutkan kewalat….karna niat ente sendiru.

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: