Kesultanan Banten

(1568-1813) 

KESULTANAN yang pada masa jayanya meliputi daerah yang sekarang dikenal dengan daerah Serang, Pandeglang, Lebak, dan Tangerang. Sejak abad ke-16 sampai abad ke-19 Banten mempunyai arti dan peranan yang penting dalam penyebaran dan pengembangan Islam di Nusantara, khususnya di daerah Jawa Barat, Jakarta, Lampung, dan Sumatra Selatan. Kota Banten terletak di pesisir Selat Sunda dan merupakan pintu gerbang lintas pulau Sumatra dan Jawa. Posisi Banten yang sangat strategis ini menarik perhatian penguasa di Demak untuk menguasainya. Pada tahun 1525-1526 Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati berhasi menguasai Banten.

Puing Keraton SurosowanSebelum Banten berwujud sebagai suatu kesultanan, wilayah ini termasuk bagian dari kerajaan Sunda (Pajajaran). Agama resmi kerajaan ketika itu adalah agama Hindu. Pada awal abad ke-16, yang berkuasa di Banten adalah Prabu Pucuk Umum dengan pusat pemerintahan Kadipaten di Banten Girang (Banten Hulu). Surosowan (Banten Lor) hanya berfungsi sebagai pelabuhan. Menurut berita Joade Barros (1516), salah seorang pelaut Portugis, di antara pelabuhan-pelabuhan yang tersebar di wilayah Pajajaran, Pelabuhan Sunda Kelapa dan Banten merupakan pelabuhan yang besar dan ramai dikunjungi pedagang-pedagang dalam dan luar negri. Dari sanalah sebagian lada dan hasil negri lainnya diekspor. Oleh karena itu, Banten pada masa lalu adalah potret sebuah kota metropolitan dan menjadi pusat perkembangan pemerintahan Kesultanan Banten yang sempat mengalami masa keemasan selama kurang lebih tiga abad.

Menurut Babad Pajajaran, proses awal masuknya Islam di Banten mulai ketika Prabu Siliwangi, salah seorang raja Pajajaran, sering melihat cahaya yang menya-nyala di langit. Untuk mencari keterangan tentang arti cahaya itu, ia mengutus Prabu Kian Santang, penasihat kerajaan Pajajaran, untuk mencari berita mengenai hal ini. Akhirnya Prabu Kian Santang sampai ke Mekah. Di sana ia memperoleh berita bahwa cahaya yang dimaksud adalah nur Islam dan cahaya kenabian. Ia kemudian memluk agama Islam dan kembali ke Pajajaran untuk mengislamkan masyarakat. Upaya yang dilakukan Kian Santang hanya berhasil mengislamkan sebagian masyarakat, sedangkan yang lainnya menyingkirkan diri. Akibatnya, Pajajaran menjadi berantakan. Legenda yang dituturkan dalam Babad Pajajaran ini merupakan sebuah refleksi akan adanya pergeseran kekuasaan dari raja pra-Islam kepada penguasa baru Islam.

Sumber lain menyebutkan bahwa ketika Raden Trenggono dinobatkan sebagai sultan Demak yang ketiga (1524) dengan gelar Sultan Trenggono, ia semakin gigih berupaya menghancurkan Portugis di Nusantara. Di lain pihak, Pajajaran justeru menjalin perjanjian persahabatan dengan Portugis sehingga mendorong hasrat Sultan Trenggono untuk segera menghancurkan Pajajaran. Untuk itu, ia menugaskan Fatahillah, panglima perang Demak, menyerbu Banten (bagian dari wilayah Pajajaran) bersama dua ribu pasukannya. Dalam perjalanan menuju Banten, mereka singgah untuk menemui mertuanya, Syarif Hidayatullah, di Cirebon. Pasukan Demak dan pasukan Cirebon bergabung menuju Banten di bawah pimpinan Syarif Hidayatullah, Fatahillah, Dipati Keling, dan Dipati Cangkuang. Sementara itu, di Banten sendiri terjadi pemberontakan di bawah pimpinan Maulana Hasanuddin melawan penguasa Pajajaran.

Gabungan pasukan Demak dengan Cirebon bersama laskar-marinir Maulana Hasanuddin tidak banyak mengalami kesulitan dalam menguasai Banten. Dengan demikian, pada tahun 1526 Maulana Hasanuddin dan Syarif Hidayatullah berhasil merebut Banten dari Pajajaran. Pusat pemerintahan yang semula berkedudukan di Banten Girang dipindahkan ke Surosowan, dekat pantai. Dilihat dari sudut ekonomi dan politik, pemindahan pusat  pemerintahan ini dimaksudkan untuk memudahkan hubungan antara pesisir Sumatra sebelah barat melalui Selat Sunda dan Selat Malaka. Situasi ini berkaitan pula dengan situasi dan kondisi politik di Asia Tenggara. Pada masa itu, Malaka telah jatuh di bawah kekuasaan Portugis, sehingga pedagang-pedagang yang enggan berhubungan dengan Portugis mengalihkan jalur perdagangannya ke Selat Sunda. Sejak saat itulah semakin ramai kapal-kapal dagang mengunjungi Banten. Kota Surosowan (Banten Lor) didirikan sebagai ibu kota Kesultanan Banten atas petunjuk Syarif Hidayatullah kepada putranya, Maulana Hasanuddin, yang kelak menjadi sultan Banten yang pertama.

Benteng SpeelwijkAtas petunjuk Sultan Demak, pada tahun 1526 Maulana Hasanuddin diangkat sebagai bupati Kadipaten Banten. Pada tahun 1552 Kadipaten Banten diubah menjadi negara bagian Demak dengan tetap mempertahankan Maulana Hasanuddin sebagai sultannya. Ketika Kesultanan Demak runtuh dan diganti Pajang (1568), Maulana Hasanuddin memproklamasikan Banten menjadi negara merdeka, lepas dari pengaruh Demak.

Sultan Maulana Hasanuddin memerintah Banten selama 18 tahun (1552-1570). Ia telah memberikan andil terbesarnya dalam meletakkan fondasi Islam di Nusantara sebagai salah seorang pendiri Kesultanan Banten. Hal ini telah dibuktikan dengan kehadiran bangunan peribadatan berupa masjid dan sarana pendidikan islam seperti pesnatren. Di samping itu, ia juga mengirim mubaligh ke berbagai daerah yang telah dikuasainya.

Usaha yang telah dirintis oleh Sultan Maulana Hasanuddin dalam menyebarluaskan Islam dan membangun Kesultanan Banten kemudian dilanjutkan oleh sultan-sultan berikutnya. Akan tetapi, pada masa Sultan Ageng Tirtayasa, Kesultanan Banten mengalami kehancuran akibat ulah anak kandungnya sendiri, yaitu Sultan Haji, yang bekerjasama dengan kompeni Belanda. Ketika itu Sultan Haji diserahi amanah oleh ayahnya sebagai Sultan Muda yang berkedudukan di Surosowan. Akibat kerjasama kompeni Belanda dengan Sultan Haji, akhirnya terjadilah perang dahsyat antara Banten dan kompeni Belanda. Perang berakhir dengan hancurnya Keraton Surosowan yang pertama.

Meskipun keraton tersebut dibangun kembali oleh Sultan Haji melalui seorang arsitek Belanda dengan megahnya, namun pemberontakan demi pemberontakan dari rakyat Banten tidak pernah surut. Sultan Ageng Tirtayasa memimpin Perang gerilya bersama anaknya, Pangeran Purbaya, dan Syekh Yusuf, seorang ulama dari Makassar dan sekaligus menantunya. Sejak itu, Kesultanan Banten tidak pernah sepi dari peperangan dan pemberontakan melawan kompeni hingga akhirnya Keraton Surosowan hancur untuk yang kedua kalinya pada masa Sultan Aliuddin II (1803-1808). Ketika itu ia melawan Herman Willem Daendels.

Setelah Kesultanan Banten dihapus oleh Belanda, perjuangan melawan penjajah dilanjutkan oleh rakyat Banten yang dipimpin oleh para ulama dengan menggelorakan semangat perang sabil. Keadaan ini berlangsung sampai Negara Republik Indonesia diproklamasikan kemerdekannya. Hal ini terlihat dari berbagai pemberontakan yang dipimpin oleh para kiai dan didukung oleh rakyat, antara lain peristiwa “Geger Cilegon” pada tahun 1886 di bawah pimpinan KH Wasyid (w. 28 Juli 1888) dan “Pemberontakan Petani Banten” pada tahun 1888.

Keberadaan dan kejayaan kesultanan Banten pada masa lalu dapat dilihat dari peninggalan sejarah seperti Masjid Agung Banten yang didirikan pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin. Seperti masjid-masjid lainnya, bangunan masjid ini pun berdenah segi empat, namun kelihatan antik dan unik. Bila diamati secara jelas, arsitekturnya merupakan perpaduan antara arsitektur asing dan Jawa. Hal ini dapat dilihat dari tiang penyangga bangunan yang jumlahnya empat buah di bagian tengah; mimbar kuno yang berukir indah; atap masjid yang terbuat dari genteng tanah liat, melingkar berbetuk bujur sangkar yang disebut kubah berupa atap tumpang bertingkat lima. Di dalam serambi kiri yang terletak di sebelah utara masjid terdapat makam beberapa sultan Banten beserta keluarga dan kerabatnya. Di halaman selatan masjid terdapat bangunan Tiamah, merupakan bangunan tambahan yang didirikan oleh Hendrik Lucasz Cardeel, seorang arsitek berkebangsaan Belanda yang memluk agama Islam dengan gelar Pangeran Wiraguna. Dahulu, gedung Tiamah ini digunakan sebagai majelis taklim serta tempat para ulama dan umara Banten mendiskusikan soal-soal agama. Sekarang gedung tersebut digunakan sebagai tempat penyimpanan benda-benda purbakala. Selain itu, di Kasunyatan terdapat pula Masjid Kasunyatan yang umurnya lebih tua dari Masjid Agung. Di masjid inilah tinggal dan mengajar Kiai Dukuh yang kemudian bergelar Pangeran Kasunyatan, guru Maulana Yusuf, sultan Banten yang kedua.

Masjid Agung Banten

Bangunan lain yang membuktikan keberadaan Kesultanan Banten masa lampau adalah bekas Keraton Surosowan atau gedung kedaton Pakuwan. Letaknya berdekatan dengan Masjid Agung Banten. Keraton Surosowan yang hanya tinggal puing-puing dikelilingi oleh tembok tembok yang tebal, luasnya kurang lebih 4 ha, berbentuk empat persegi panjang. Benteng tersebut sekarang masih tegak berdiri, di samping beberapa bagian kecil yang telah runtuh. Dalam situs (lahan) kepurbakalaan Banten masih ada beberapa unsur, antara lain Menara Banten, Masjid Pacinan, Benteng Speelwijk, Meriam Kiamuk, Watu Gilang dan pelabuhan perahu Karangantu.***(Dewan Redaksi Ensiklopedi Islam, Ensiklopedi Islam I, Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, cet-11, 2003. pp 236-239.)

About these ads

78 Balesan

  1. saya jarang menemukan blog yang mau membahas pustaka nusantara kayak gini. salut

    btw, koq ga dibahas ya hubungan para sultan2 tsb dg kisah wali songo. Kayaknya taunnya wali songo ga jauh2 amat sebelum tahun tsb (datengnya duluan dr pelaut portugis yg kesohor pd jamannya)

  2. kasih sayang adalah cinta hakiki

  3. Informasinya sejarah ayang bagus utk diketahui generasi muda, saran sedikit; kalau bisa ada gambar/foto para tokohnya.

  4. saya sebenarnya ingin menulis tentang keberadaan bahasa jawa dialek Banten (baca: Serang) “BJDB” yang juga menjadi bahasa ibu, atau bahasa pertama orang Serang. Hampir 90 % penduduk Kota Serang menguasai dan menggunakan bahasa ibu tersebut. peranan bahasa jawa banten sudah sangat ditinggalkan oleh para generasi muda. mereka gengsi untuk menggunakannya. namun hal ini di antaranya adalah kesalahan para orang tua juga, yang tidak ikut melestarikan keberadaan BJDB.

    • alhamdulillah, ada yang tertarik dengan bahasa banten dialek serang. (bbds). saya juga sudah sedikit menulis tentang hal tsb. saya ingin menyusun tatabahasa bbds ini dan pelajaran bahasa ini untuk pelajar sd & smp.
      kalau mungkin, kita bisa bekerja sama.
      terimakasih.

  5. keberadaan BJDB yang masih digunakan di antaranya di pesantren-pesantren salafi. yang masih menggunakan kitab kuning sebagai bahan ajar pesantren. para santri berdialog dengan para guru “kiai” dengan menggunakan bahasa jawa yang halus (bebasan). metode yang digunakan dalam proses pembelajaran di ponpes di antaranya adalah metode bandongan, sorogan dan hafalan. Oleh karena itu saya mengusulkan agar BJDB bukan hanya digunakan di kalangan santri (ponpes) salafiyah, namun lebih dari itu, BJDB perlu digunakan juga dalam pembelajaran di sekolah paling tidak ada mata pelajaran bahasa Jawa Banten agar para generasi muda mengetahui, menguasai dan menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari. Peranan pemerintah dalam menyosialisasikan BJDB terlebih membuatkan payung hukum melalui peran serta DPRD Kota Serang sangat kami harapkan. Ditunggu!

  6. Coba pelajari lagi bagaimana cara Islam masuk ke Nusantara. Yang dipropagandakan selalu lewat pedagang tapi yang melalui agresi militernya tidak pernah diutarakan. Lihat: Laksamana Laut Bong Swi Ho berobah menjadi Sunan Bonang, Laksamana Laut Gan Shi Ciang dirobah namanya jadi Sunan Kudus, Laksamana Laut Gan Eng Chu jadi Sunan Ampel, Laksamana Laut Ma Ceng Ho jadi Sunan Muria, dan terakhir Sunan Gn Jati di belokan sejarah dan tokohnya.

    Arti kata Laksamana Laut adalah PANGLIMA PERANG LAUTAN, dan untuk menaklukan negara maritim yang terbesar di Asia Tenggara itu harus dengan pasukan maritim pula.

    Wali sanga (sebenarnya 10) itu tidak hidup dalam kurun waktu yang sama. 5 wali palsu (mengaku sebagai wali agama) dan 5 lagi adalah Maharaja Nusantara (Wali Negara). Yang terdiri dari Sunan Gresik (Guru Resi Dharmasiksa), Sunan Giri (Batara Guru Niskala Wastukancana), Syeh Siti Jenar ( Mundinglaya/ Prabhu Silihwangi II), Sunan Kalijaga (Pangeran Jaya Nagara/ Prabhu Silihwangi IIX), Sunan Gunung Jati (Raden Jayaningrat/ Prabhu Silihwangi IX)

    Nama asli dari:
    Kian Santang adalah Kin San, utusan dari kerajaan Cina, dia tidak berani menggunakan gelar “Rakean” sehingga menempatkan kata “Kian”.
    Gan Eng Cu adalah Gajah Mada yang mempunyai misi “mempersatukan Nusantara dengan kekaisaran Cina”. Cina Utara disebut Nanking dan wilayah Nusantara akan dijadikan Nanyang (Cina Selatan).

    Serangan Islam yang pertama dilakukan pada abad 12 M oleh Kubilai Khan cucu dari Jengis Khan (arti kata Khan adalah Ulama). Jengis Khan adalah murid terpintar dari Imam Bukhara (kita mengenalnya sebagai Buchori Muslim).

    Semoga penjelasan di atas dapat bermanfaat.

    • Wah Banyak nu ngaco eta keterangan teh kang…Harus lebih banyak belajar lagi….

    • Penejelasan diatas menyesatkan, sepertinya tidak pernah membaca referensi dan silsilah darimana para wali 9 itu asal muasalnya. Atau penulis sengaja memutarbalikan logika historis dengan tujuan tertentu, misal menitikberatkan bahwa ke-cina-an sangat dominan dimasa lampau dalam penyebaran Islam. Ini jelas salah dan harus dihapus. Contoh: sesat menyebut Sunan Kalijaga itu Siliwangi IIX, Sunan Gersik itu Resi Dharmasiksa…dsb dsb.
      Anda pengoment lepas yang memalsukan keadaan!

  7. were all Sundanese forcibly converted to Islam? i wonder…

  8. Assalamualaikum.Wr.Wb
    Saya adalah masih ada hubungan keluarga dengan banten dari P.Muhamad Thohir bin sultan Haji yang ada di jawa timur,dan saya yakin bahwa nantinya saya pasti bisa bertemu dg keluarga besar dari banten walaupun sementara dengan lewat email saja,karena kami dari keluarga yang ada di jawa timur selalu menjaga nama baik leluhur kami,memgingat leluhur kami dari golongan orang 2 yang baik dan mudah2an semua para pembaca jika masih ada silsilah dari banten kami mengharap selalu bisa berkominikasi.
    wassalam
    Khoirul Anisa
    Hp:085746161528

    • insyaallah ukhti..? klo boleh ukhti bisa menuliskan silsilahnya disini….,hamdalah ana juga dari keturunan banten!
      generasi ke 17 dari Sunan Gunung Jati…

  9. Assalamualaikum.Wr.Wb
    Saya sebagai orang Banten sangat berterima kasih kepada ikhwan semua yang telah mempublikasikan sejarah banten sehingga umat yang awalnya belum mengetahui sejarah banten bisa jadi tahu dan yang awalnya hanya tahu sejarah melalui cerita dari lisan ke lisan bisa tahu/baca melalui tulisan.
    Saya lebih terima kasih lagi jika ikhwan bisa menuliskan silsilah keturunan Banten hingga kepada Bapak H. Fathul Adzim (Ketua Kenaziran Banten yang sekarang).
    Jangan lupa ya Ikhwan, kirimi saya silsilahnya via e-mailku

  10. Assalamualaikum Wr.Wb
    Saudarahku Miftah,jika saudara masih ada garis nasab dari Sultan Banten pasti suatu saat akan bertemu garis nasab yg saudara cari semoga Allah memberkati dan memberi petunjuk,kalau boleh tahu siapa buyut Saudara mungkin saya bisa bantu karna di Jatim masih ada satu orang yg masih hidup Beliau masih keturunan ke lima dari Sultan Haji dan beliau termasuk ketua pembina keluarga besar Bani P.Muhammad Tohir bin Sultan Haji Abun Nasyri Abdul Qohar Syeh Maulana Mansyurudin Cikadun banten.dan kalau boleh tahu beri saya no Hp biar kita semakin akrab.

  11. Menanggapi tulisan tentang kerajaan ataupun kesultanan banten ini yang berkaitan dengan prabu siliwangi ini ternyata di kecamatan cidaun terdapat sebuah jejak peninggalan berupa batu karang yang letaknya di pesisir pantai cidaun dimana masyarakat setempat menamakan batu tersebut adalah batu kukumbung yang konon di tempat itulah prabu siliwangi didudukan untuk dikhitan oleh prabu kian santang. Sampai saat inipun jejak tapak maupun batu tersebut masih dapat dilihat keberadaannya meski kondisinya sudah tidak seutuh seperti bentuk kursi yang pernah diduduki prabu siliwangi

  12. Terimakasih Tuhan,masih banyak yang peduli terhadap sejarah leluhur dan pahlawan bangsa.mudah2an ada yg mau memberiku catatan silsilah p.muhammad thohir,karna aq jg sdang mencari silsilah kluarga.mohon email aku za,trimakasih

  13. Assalamualaikum,Wr,Wb
    Saudaraku saya ada sedikit silsilah beliau P.M.Thohir bin Sultan Haji.Pangeran Muhammad Thohir adalah putra ke tiga dari Sultan Haji Abun Nashri Abdul Qohar Syeh Maulana Mansshurudin Cikaduen Banten Makam beliau Mbah Thohir di tebus seren jabon Sda dan mempunyai 5 orang putra 2 orang putri
    1.Tb.Ahmad Dja’far jogo reso tebus seren jabon sda.2 Ratu Bagus Mas Gunung Cemeng kalang sda.3 Tb Barmawi Katib tebus seren jabon Sda.4 Mas Abd Alim Bilal juga tebus seren.5 Tb Abu Shofyan mojo jejer MJK.6 Nyai Mas Ayu Kuning kepanjen Malang.7 Nyai Ratu Ayu Mas Khodhijah Bangil ini sedikit tentang silsilah dan keturunannya Mbah Thohir lebih selengkapnya saya punya dokumen keluarga Bani P.Muhammad Thohir bin Sultan Haji Abun Nashri Abd Qohar bin Sultan Ageng Tirtoyoso Abd Fath Abdul Fatah bin Sultan Ma’aly Ahmad Kenari bin Sultan Abu Mufakhir Mahmud Abdul Kadir bin Syeh Muhammad Nashrudin bin Syeh Yusuf bin Maulana Sultan HAsanudin bin Sunan Gunung Jati ini saya ambil dari skema yg dari banten kalau antum masih ada garis keturunan dari beliau tlg beri no tlp,karena saya akan memberikan dokumen keluarga ke beliau Kyai Haji Mas’udi Malang untuk di teliti ke absahanya lagi.dan tidak mengurangi rasa tawadlu’saya kepada beliau KH Tb Soeb Aminudin Bisry Jln Muharto malang sebagai pembina / penasehat keluarga besar bani P.M.Thohir beliau baru saja Almarhum
    Wassalam
    K.Anisa
    0321 6817570
    085746161528

  14. kalo sultan haji sich ning mate wong banten iku anak sing durhake ..ning wong tue… baturane karo wong londo…. ngisinaken wong banten… bae… baguse malah aje dibahas…uwong sing ngajuraken kesultanan banten

  15. yahh…. betulll…. sultan haji tuch…. sultan katrok ……

  16. saya setuju ama wawan…… saya sebel ama sultan haji … kerjanya cuma temenen ama… belanda…. akibatnya orang kulon sekarang cuma ngeliat puing puing ….kratonnya kasiaan dech….. orang banten

  17. Assalamualaikum Wr,Wb
    mas wawan dan mas nasrullah boleh2 saja menghina,melecehkan,kepada beliau sultan haji tapi saya sbg cucunya akan selalu berdo’a semuga cerita tentang beliau tidak benar,karena kami membawa sejara beliau yg dari turun temurun leluhur kami,apalagi sampean tahu hanya lewat baca sejara yg blm tentu dg kebenarannya,bagi kami tidak apa dan marah apapun yang sampean katakan karena kami di didik keluarga untuk menghormati dan tidak mencaci maki seperti masberdua

    Wassalam
    K.anisa

  18. ass
    K anisa boleh minta emailnya

  19. Kenapa seh selalu mempermasalahkan nasab keluarga dan sebagainya, kenapa sebagai anak cucunya justru kita malah sibuk dengan ngurusin nasab dan nasab, tidak kah kita ingin meneruskan perjuangan buyut kita menjadikan banten ini negeri yang baldatun tayyibatun warobun gofurr?bukan beradu sentak dan mencaci.

    Keluarga banten adalah saudara semuanya, entah itu keturunan sultan haji atau dari lainnya, yang jelas, setiap orang pernah berbuat khilaf, tapi bukan berarti harus merasa paling benar dan kuat.

    Saya sedih kalau melihat saudara-saudara sendiri harus bertengkar atau mempermasalahkan nasab yang hanya besifat duniawi.Kesemuanya akan hilang dan sirna seiring dengan hilangnya raga dan jasad kita. Jadi siapapun yang merasa mempunyai nasab keturunan kesultanan banten, hargai masing-masing dari kita, setiap keturunan mempunyai adat dan keistimewaan sendiri-sendiri, yang jelas satu yang menjadi keunikan keluarga-keluarga kesultanan banten pada masanya yang tidak dimiliki oleh keturunan kerajaan lain di INdonesia, bahwa keluarga kesultanan banten adalah ulama sekaligus raja bagi rakyatnya.itu yang harus kita banggakan.sementara kerajaan lain hanya sebagai raja alias pemimpin bagi rakyatnya tidak pernah menjadi ulama.

    Apapun bentuknya saudaraku, kita sebagai keturunan dari kesultanan banten harus ingat dan penuh kesadaran yang tinggi, bahwa leluhur kita telah menancapkan tongkat pembangunan jaman keemasan pada masa mereka, itu adalah sebuah isyarat kepada kita cucu-cucunya untuk bisa meneruskan apa yang telah mereka usahakan.Jangan malah saling menuntut kebenaran ini dan itu.

    Tidak ada kebenaran sejati di dunia ini.Jadi mari kita saling bergandeng tangan untuk kembali menjadikan banten negeri yang tangguh dan maju dalam segala bidang.Amiin.

  20. Semua manusia ber nasab kepada nabi yang mulia Adam as.tp tk smua manusia masuk surga dg mudah.lantas knapa bangga dg nasab.Nabi Adam bernasab kpada siapa ya?

    • betuuuuuuuuuul…. nanti di padang masyhar kita kan kumpul dengan keluarga kita dengan usia yang sama terus kita manggil apa kita pa ? wong sama umurnya ? terjadinya nasab hanya untuk menjaga silaturahmi saja baik secara dzohir maupun bathiniyahnya

  21. Assalamu’alaikum Wr.Wb
    Semoga Allah melimpahkan Rahmat dan Ampunan Nya kepada kita semua. Saudaraku…ane mau mengundang antum semua untuk mengunjungi situs kami di http://majlisalkhair.wordpress.com
    Mudah-mudahan ada kebaikannya buat kita semua. ..Amin..
    Majlis ane bernama Majlis Ratibul ‘Athos Al Khair Pramuka yang merupakan majelis yang mendawamkan Ratibul ‘Athos yang kami baca secara berjamaah setiap malam jum’at jam 20.00 WIB s/d selesai yang beralamat di Jl. Pramuka Jati III (Depan Pasar Burung Pramuka) Paseban Jakarta Pusat. Pendiri majlis ini merupakan keturunan dari Kesultanan Banten dan Cirebon. Ane sangat senang sekali jika antum semua berkenan hadir ke majlis kami.
    Wassalamu’alaikum Wr.Wb

  22. sangat buruk.tidak lengkap.seharusnya ada keruntuhannya

  23. saran: usahakan supaya sejarah kesultanan BANTEN bisa mencuak kembali. dan terutama kepada PEMDA SETEMPAT agar dapat peduli terhadap situs sejarah KESULTANAN BANTEN.

  24. trima kasih atas artikel ini, saya bisa menyelesaikan tugas IPS saya yang sangat sulit…

  25. Assalamua’laikum Wr. Wb

    Saudaraku…
    Hakikat Nasab adalah kecintaan, keimanan dan ketaqwaan. Sekalipun kite mengaku keturunan Rosulullah tetapi akhlak kite tidak mencerminkan ajaran Rosulullah, apakah kite akan di aku sebagai keturunannya?!!
    Apakah kite di aku rosulullah sebagai umatnya?!!
    Rosulullah bersabda : “Seandaikata Fatimah Azzahra mencuri maka akan aku potong tangannya”.
    Saudaraku…
    Rosulullahpun bersabda : ” Barang siapa yang menghidupkan sunahku sesungguhnya ia mencintaiku dan Barang siapa yang mencintaiku sesungguhnya ia berada denganku di surga”.

    Kalau memang nasab/keturunan dapat menjamin kite masuk surga, alangkan kasihannya orang-orang yang bernasab dari orang-orang biasa atau orang-orang kafir sekalipun. ??

    Saudaraku…
    Berbahagialah bagi orang-orang yang bernasab dari orang-orang yang mulia namun tetap berakhlaq mulia.
    Dan janganlah bersedih bagimu yang tidak bernasab dari orang-orang yang mulia. Karena sesungguhnya nasab itu bukanlah karena “Darah” tetapi “Kecintaan, Iman dan Taqwa kite kepada lelehur-leluhur kite yang mencintai Allah dan RosulNya.

    Sesungguhnya Allah tidak melihat kite dari dari mana Nasab kite atawa siape enjit kite, tetapi yang Allah liat adalah iman dan ketakwaan kite kepada NYa.

    Saudaraku..
    Kalau kite cinta kepada Allah maka kite akan dapat Ridho Allah.
    Kalau kite cinta kepada Rosulullah maka kite akan dapat Syafaat Rosulullah.
    Kalau kite cinta kepada Ulama maka Rosulullahpun akan mencintai kite. Karena para Ulama adalah pewaris para Nabi.

    Dan sesungguhnya Allah dan RosulNya bersama orang-orang yang mencintainya.
    Siapakah orang-orang yang mencintai Allah dan RosulNya?
    Tentunya orang-orang yang menjalankan perintah Allah dan menjauhi laranganNya. Dan menghidupkan sunah-sunah Rosulullah SAW.

    Semoga kita semua termasuk dari golongan orang-orang yang mencintai Allah dan RosulNya. Amin…

  26. Ass…wr.wb…!!!! salam kenal buat jama’ah majlis alkhair.tolong dong lampirkan jadwal majlis alkhair dilaksanakannya hari apa & jam berapa??? insyaa ALLAH saya mau hadir.kalau tuiadak ada halangan,bisa hubungi saya di no hp 085882946824. akhirul kalaam jazakumulloh koirul jazaa…

  27. ASS..wr.wb…!!! salam kenal buat khirul annisa.yang masih kerababat saya dari garis kesulthanan banten.agar hubungan silaturrahim keluarga tidak putus (mati obor),sudikiranya mau menghubungi saya di noHP 085882946824.Terima kasih….wass….

  28. Untuk saudaraku ahmad,

    Jadwal ratib pada setiap malam jum’at pukul 20.00 WIB s/d selesai di Jl. Pramuka Jati III Paseban Jakarta Pusat.
    Silahkan kunjungi http//: majlisalkhair.wordpress.com

    Barokallahu lakum

    Wassalamua’laikum ..Wr. Wb

  29. buat khoirunnisa,klo sdr ingin mengetahui lbh jelas dan gamblang tentang garis nasab anda.dan keturunan sulthan2 banten,saya sarankan untuk datang langsung ke banten,menemui orang yg lbh tau tentang itu.nanti saya akan bantu.insya allah klo masalah nasab keturunan saya punya catatan nya,syukron katsiir……

  30. Assalam Buat saudaraku Tb Vikri.
    Kami sekeluarga sebelumnya sangat berterima kasih jika mas vikri sudi mau membantu saya,masalahnya kami sekeluarga bahkan dari rumpun P.M.Thohir yg terbanyak ada di jawa timur termasuk saya sendiri,dan semua keluargapun mempunyai skema kesultanan banten akan tetapi rumpun dari bani P.M.Thohir ingin berhubungan bersilatur rahmi walaupun lewat sitos ini dan andaikata saya punya email external akan kami kirimi skema rumpun bani P.M.Thohir akan tetapi ndak punya email keluar jalan satu-2nya lewat blok,yang saya harapkan dari blok ini untuk bisa bersilatur rahmi walaupun hanya lewat tulisan saja maka dari itu no hp saya bahkan tlp rmh saya cantumkan,
    1.supaya mudah untuk menghubungi jika ada salah satu kelurga dari rumpun bani Buyut Thohir khususnya umum bagi kita semua seiman.dan walhasil alhamdullilah atas bantuan ALLAH saya mulai punya data keluarga dari rumpun Sunan Gunung Jati.
    2.Saya Insya ALLAH tidak ada niat untuk mengunggulkan suatu silsilah yang seperti anggapan mereka,tapi tidak ada jeleknya jika saya atau sauadara tahu silsilah sendiri.
    3.Jika mereka punya anggapan yang negatif,akan saya terima dg lapang dada.mungkin mereka bisa saja khilaf .
    4.Mas Vikri untuk sementara data keluarga kami masih di teliti dan di data oleh Robithoh Al Azmatkhan(Marga dari Sy Abdul Malik Azmatkhan bin Sy Alwi Amil Faqih)
    5.Insya ALLAH di th 2009 ini akan ada pertemuan keluarga bani Sultan Haji Abun Nashri di malang,tapi hari dan tanggalnya blm di pastikan,jika ada bani Sultan Haji yang berada di luar malang dan sekitarnya kalau ingin bersilatur rahmi nanti akan saya kasih tahu
    6.Insya ALLAH 2 th kedepan saya dan semua jama’ah saya blm ada agenda ziaroh ke banten,karena th ini masih ada agenda ziaroh ke Batu Ampar(Makam Sy Syamsudin)nanti kalau tiba2 ALLAH menghendaki Ziaroh ke Banten INSYA ALLAH akan segerah saya hubungi,tlg no hpnya kalau punya tlp rmh juga beri tahu saya

    Wassalam
    K.Anisa
    085746161528
    03216817570
    Jedong Ngoro Industri Persada kab Mojokerto Jatim

    • Ass. Tp kenapa karomahnya syeh maulana mansyur (sultan haji) ada di medan? Info didapat dari alm H. Tubagus Entus cucu ke 17 dr sultan haji.

  31. askum..wr.wb
    saya baru baca dan baru liat asalkan anda tau saya juga turunnan sultan haji saya dari garis keturunan sultan abidin bin maulana mansyurdin cerita yang beredar itu adalah bohong kalu anda mau tau kenyataannya dan cerita sesungguhnya saya akan jelaskan semua ,pada kenyataanya sebenarnya saat itu sepulang dari mekah mampir kepulau majeki, kelanjutan nya akan saya jelaskan semua .saya T.B daud yusuf bin tubagus hasan mustopa .insyaallah saya tau kebenarannya .

  32. Waalikum salam
    Saya memang ndak yakin kalau sultan haji berkhianat seperti apa yang telah beredar,semoga kebenaran selalu di tunjukkan ALLAH swt Amin.

  33. aduuuh…elmu teh nambahan deui…
    salaku katurunan banten abdi atoh aya nu ngabahas sajarah banten…
    kanggo perkawis nu salah mah keun we da nami na oge jalmi moal aya nu sampurna,,tah urang salaku anak incuna kudu bisa neruskeun jeung nyampurnakeun perjuangan sepuh jeung karuhun sunda,banten khususna…
    punten kanu kasuhun bilih aya kacaletot basa,,
    nuhun,,,sampurasun….

  34. Salam kenal mbak nisa dan saudara2 semua.
    Menurut cerita almarhum kakek saya,kami adalah keturunan kawin silang antara keturunan kesultanan banten dengan kesultanan demak lewat pernikahan sultan hasanudin dengan putri sultan trenggono melalui eyang sultan ageng tirtayasa.
    Saya berdomisili di Kab. Ponorogo, leluhur saya oleh keuturunannya disebut Eyang Tubagus Abu Yamin (tanpa kami ketahui nama aslinya) yang menikah dengan putri seorang ulama Ponorogo Kyai Kasan Besari.
    Mohon bantuannya dong mbak,siapa tau mbak punya catatan nama asli eyang saya yang hijrah dari banten ke Ponorogo serta silsilah persisnya hingga sampai ke eyang sultan ageng tirtayasa.
    Sewaktu saya ziarah ke masjid agung Banten tahun 2001,saya bertemu dengan Tb.Abdurrahman yang menurut beliau kemungkinan besar eyang saya adalah tubagus wetan ( wallahu’alam).
    Mohon bantuannya ya mbak,tapi jawabnya pake bahasa indonesia aja,maklum nggak bisa bahasa sunda,he…he…
    Sekali lagi makasih

  35. Ass..wr.wb..!!! Salam kenal buat semuanya..&saya minta tolong kepada saudara2 yang mengetahui silsilah raden samuda bin safaruddin hingga keatasnya.sudikiranya mau memberitahukan?mencantumkan data silsilah tersebut.akhirul kalaam..Wass….

  36. ngobrolkeun urang sunda:Urang sunda geus poho ka indungna,geus poho ka bapana,geus poho kaguruna,geus poho kana bahasana,gues poho kana tulisana/aksarana,tuh tinggali myanmar,thailand,vietnam,masih ngajaga tulisanna salaku jati diri nu mandiri,IEU AING TEH,IEU TULISAN AING TEH.simkuring ngarojong kana patekadan saderek sadaya pikeun neangan silsilah katurunan.ieu salah sahiji kakawasaan ALLAH Subhana wata`ala anu kudu kuurang di tafakuran dina kahirupan sapopoe.SUBHANALLAH WALHAMDULILAAH WALAA ILAHA ILLALAH WALLAAHU AKBAR.Hapunten bilih aya basa nu teu mereunah,ma`lum nuju diajar keneh milarian jati diri dina bab tata basa sunda.supriatna wirakusumah,singapore

  37. Ass..wr.wb.
    Salam kenal buat saudaraku, alhamdulillah ternyata masih ada orang2 yang masih mempertahankan budaya n kekayaan sejarah negeri kita.
    saya dari tangerang, saya sangat prihatin dengan generasi2 sekarang, termasuk saya sendiri yang tidak tahu tentang budaya banten. mohon kiranya jika ada yang mengetahui tentang sejarah kerajaan banten, budaya serta bahasa asli banten, bisa berbagi dan jikalau bisa tolong e-mail saya.
    buat saudaraku khoirul anisa, jika kiranya mengetahui silsilah dari Raden Bala dari tangerang, tolong e-mail saya.

    mohon maaf sebelumnya jika ada yang kurang berkenan atas tulisan saya ini.

    wassalamualaikum wr. wb.
    khalid

  38. haa….!!!!!
    mkch tas inponyah!!!!

  39. Punten…numpang ngasih masukan aja nih tentang cerita sejarah Prabu Kiansantang diatas kayanya banyak kekurangannya deh. Karena bila tdk diluruskan kasian beliau bila sejarahnya menyimpang jauh. Menurut cerita yg sy dpt bhwa Prabu Kiansantang itu hidupnya kr2 selisih 20th dg sahabat Nabi Ali bin Abi Thalib & beliaulah yg dpt mengalahkan kesaktian Kiansantang & murid kesayangan beliau adl Kiansantang dr tanah Jawa, krn itulah Syech Abdul Qadir Al-Jaelani pun mencari yg bernama Kiansantang murid kesayangan dr Sayidina Ali. Utk lbh jlsnya silahkan add.ke email sy aja di : indar_c2nk@ymail.com. Wassalam.

  40. ass..saya dadang.s lahir dan besar di banten, meski bukan keturunan leluhur banten tapi hati dan jiwa saya melekat di banten dan tertarik untuk mempelajari naskah naskah banten termasuk sejarah banten. Dan saya sering megunjungi situs peninggalan kerajaan banten dan alangkah prihatinnya saya menyaksikan puing2 peninggalan dan peradaban ker. Banten dari mulai TASIKKARDI,KER.SUROSOWAN,IST.KAIBON,PANGINDELAN,BENTENG SPELWIJK Dan masih banyak peninggalan lain yg tak terawat kemana saja PEMDA BANTEN selama ini padahal dahulunya banten merupakan kerajaan maritim yg masyhur ke manca negara. kemana saja pula orang yg ngaku KITE KIH WONG BANTEN. Dalam tulisan ini saya mengajak kepada semua orang yg peduli dg banten untuk peduli dan berbuat sesuatu agar anak cucu kita tidak hanya tahu pyramid di mesir, borobudur di jateng atau taj mahal di india tapi tahu ini peninggalan budaya nenek moyang kita. Terima kasih mohon maaf bila ada dari tulìsan saya yg tak berkenan. Wass..

  41. APA HUBUNGAN MARGA AJI DISUMATERA SELATAN DENGAN BANTEN, BERDASARKAN CERITA2 ORANG TETUA DI SUKU . SUKU KAMI BERASAL DARI BANTEN PADA MASA PENYEBARAB ISLAM KE SUMATERA BAGIAN SELATAN…. IKATANNYA APA???? BANTEN DAN MARGA AJI DISUMATERA??? MOHON BAL;ASAN

  42. assalamu’alaikum wr,wrb
    saya entus awan masih keturunan dari ahmad kenari d banten, saya berkeinginan untuk bertemu kepada sodara2 yg masih keturunan dr sulthon-sulthon banten yg berada di luar banten, terutama yg masih keturunan dr sulthon banten yg terakhir yg di buang oleh belanda ke daerah jawa timur. kule ingin silaturahim antara keturunan sulthon-sulthon banten tetap terjalin…… mengenai cerita tentang sulthon haji, jng lah d permasalhakan karn ada banyak versi cerita yg berkembang tentang sulthon haji…. ada yg berpendapat bahwa yg berhianat itu bkn sulthon haji yg sesungguhnya, dan yg sesungguh nya adalah Syeh mansyur (cikaduen), ada juga yg berpendapat bahwa sulthon haji saat pulang dr mekkah mampir ke daerah daratan cina, kemudian dia menikah dng seorang putri cina dng mas kawin yaitu baju yg di kenakan oleh sulthon haji, kemudian baju tersebut d pakai oleh kakak dr putri cina yg mirip dng sulthon haji kmudian berang kat menuju banten, dan berkhianat…banyak lagi cerita tentang sulthon haji yg berkembang d masyarakat… wallahu alam bisshowab…

    Entus awan Arbi
    087871820423

  43. untuk semua na, jangan kalian hanya melihat tao mendengar suatu cerita dr 1 versi saja (tentang sulthon haji)…. kita sebagi keturunan sulthon – sulthon banten harus mengetahui cerita sebenarnya dr para leluhur kita…. saya mau keturunan dr sulthon-sulthon banten saling mendukung dan kembali membangun banten yg sudah menjadi provinsi sekrang ini,….. kita jalin silaturahim antar keturunan sulthon-sulthon banten…………………

    entus awan
    087871820423
    arya_furry@yahoo.com

  44. Assalamualaikum,,,
    Entus awan,saya mau tanya tentang poto copy silsilah yang ada di keluarga kami dan yang tercantum hanya buyut P.Muhammad Tohir putra ke 3 dari sultan haji,mungkin entus juga punya seperti milik kami bentuknya seperti ini
    SEDJARAH SILSILAH PUTRA-PUTRI KERAJAAN BANTEN
    di resmikan dinas kebudayaan dan badan metrologi islam serang dan di salin beliau tubagus ismail,
    yang saya tanyakan bentuk silsilah yang ada di kami apa bisa buat alat untuk masuk ke makam buyut gunung jati,,,,?

    wassalam
    Khoirul Anisa

  45. assalamualaikum…
    saya sebenarnya gak terlalu perduli dengan sebuah silsilah…tp ada hal yang merisaukan ketika adik perempuanku dan anakku sendiri, kata orang yang ahli menerawang mendapat titisan berupa khaddam dari mbah buyut banten, gak tau juga apakah namanya masuk dalam silsilah kesultanan banten ato tidak….yang jelas, ketika khaddamnya ditanya dia adalah khaddam mbah buyut dr banten…..nama buyutku adalah asep maulana hasanudin…..ya barangkali ada yang tau ato yg sebuyut dengan aku….bisalah kita menyambung silaturahmi

    wassalam

    anas

  46. Assalamu Alaikum Wr.wb.
    Salam kenal untuk semua dzuriyah sultan banten, semoga kita selalu diberkahi untuk melanjuttkan perjuangan beliau-beliau pendahulu kita untuk tegaknya syari’ah islam. Itulah yang penting.
    Insya Allah menurut cerita kakek buyut kami bahwa keturunan dari P.M Thohir ( Ki Sambi Resik ) Tebu seren beliau adalah mujahid islam di wilayah jawa timur. Sayid Sulaiman pendiri pondok sidogiri Pasuruan bersama Syarif Arif adalah penyebar syari’at islam di pasuruan dst ( putra dari Nyaimas Ratu Khodijah bin PM Thohir). Sayid Yahyah adalah salah satu ulama’ dan pembantu Untung Suropati melawan penjajah belanda wafat di Kejapanan- Gempol dll.Eyang Buyut TB Jogo Rejo adalah hakim pada masa pemerintahan Sunan Giri Kuwa IV.
    Ki Sambi Resik ( P.M Tohir ) sebelum tiba di Jawa timur membatu pemberontakan Sultan Amangkurat III melawan belanda yang akhirnya di tawan belanda dibuang ke Chelon sedangkan Ki sambi resik bersama pamannya berhasil menyelamat diri melanjutkan riyadohnya ke ponorogo,kediri dan menetap di tebu seren jabon sda.
    Mudah-mudan bisa jadi referensi.
    Salam Keluarga Bani P.MTohir ( Ki Sambi Resik )
    kami dari bani Na’im Trompoasi jabon sda garis keturunan Tb.Jogo rejo.
    Wassalam Wr.Wb
    Achmad Fathkhurrohim
    Trompoasri ( 3 Km arah selatan Tebuseren )
    Hp.0852321071180

  47. Mas fatkhur kita sama2 dari bani P M Tohir,insya Allah saya akan silatur rahmi nanti

  48. Assalamu Alaikum Wr.wb.

    Saya mau mulai mencari tahu tentang silsilah keluarga yang ada keturunan dari Banten, dan dari informasi awal yang saya terima ternyata saya ada turunan dari Tb. Kalimudin dan kalau tidak salah (sedang mencari bukti otentiknya, mudah²n masih ada) Tb. Kalimudin itu salah seorang putra dari Sultan Abul Mahasin Zainul Abidin bin Sultan Abu Nasr Abdul Kahhar atau Sultan Haji. Sultan Abul Mahasin Zainul Abidin itu kalau tidak salah putra ke-2 dr Sultan Haji, dan putra ke-3 nya adalah P.Muhammad Thohir yang tidak lain buyut dari saudari ku Mbak Khoirul Anisa. Mudah²n saya dapat menelusuri silsilah leluhur saya dr kesultanan banten umumnya dan khususnya dr Tb. Kalimudin kebawah, agar dpt mempererat tali silaturahmi seperti yg diajarkan oleh agama islam. Untuk Mbak Khoirul Anisa, titip salam kami untuk klg besar P. M. Thohir. Mudah²n melalui media ini kita dpt saling berkomunikasi dan bertukar informasi mengenai silsilah keluarga kita.

    Wassalam.

  49. bilih aya nu uninga upami EYANG SAKE teh bin SLTON ABUL MA’ALI AHMAD atanapi SULTON AGENG TIRTAYASA,nyuhunkn penjeelasan na soalna katingal rancu nu katulis dina silsilah sulton2 banten sarng putera…?
    sareng upami aya katurunan eyang sake nu di citeureup,bogor abdi hoyong silaturahmi…

  50. Ass.wr.wb
    terimakasih saya merasa terbantu oleh adanya blog ini,
    saya belum tahu jelas dari silsilah keluarga banten, hal ini dikarenakan ayah saya meninggal saat usia saya 10th,semoga bagi yang membaca dapat memberikan input yang akurat, perlu ditambahkan, saya anak dari Tb. Muchtamman yg saat itu menjadi Ketua Organisasi Muhadyah. kakek saya bernama Tb. Machmud bin Tb. Sariban, makam keluarga ada di Desa Kadu Gombong. semasa hidupnya Kakek mempunyai Sahabat bernama Tb. Asnawi dan Tb. Dimyati. semasa muda mereka tinggal di kesultanan dan saat kesultanan digempur belanda mereka bertiga mengungsi. mereka bertiga bderjalan menyebrang selat sunda,saat tinggal di lampung Tb.Asnawi menikah mempunyai anak bernama sumatri (inform dari bernama Rudy), mereka terus berjalan hingga samapi kesultanan Johor Kakek saya menikahi Putri dari Sultan Johor, dan keturunannya memakai nama Al-Mahmud inform dari bibi saya adik bungsu ayah). Kakek saya dimakamkan di Jl. Sukajadi Bandung.
    mohon dengan sangat apabila ada yang mengetahui riwayat ini, agar dapat memberikan informasi lebih lanjut lebih akurat, karena kami sekeluarga menjaga silaturahmi dengan rundayan keluarga banten.
    wasalam
    Tubagus Miftah
    085861205846

  51. Ass.Wr.Wb.
    membaca tulisan yang konotasinya mengarah pada menyalahkan, saya sangat prihatin… alangkah indahnya apabila kita sama-sama menyatukan persepsi misi dan visi yang positif, karena walau bagaimanapun kita ini saudara, sedarah dan satu keluarga banten. bila kita coba melihat satu kesenian yaitu wayang golek, mungkin kita dapat merenungi kalo kita ini hanyalah sebagai goleknya saja, dimana masing-masing golek sudah mempunyai sifat dan karakter yang berbeda tinggal bagaimana kita dapat mensyukurinya.
    maaf-maaf kata, saya mencurahkan ini demi keharmonisan kita semua, sehingga tidak ada lagi yang saling menyalahkan kehidupan yang lalu dan kitapun tidak pernah mengetahui yang sesungguhnya apa betul dalam benak Sultan Haji tersirat menjadi Penghianat….? mungkiun saja masalah Politik dagangnya yang gagal sehingga berdampak pada kekacauan.
    terimakasih…..
    wasalam

  52. pembantaian orang sunda di sunda kelapa oleh falatehan alias fatahillah adalah genosida paling berdarah dalam sejarah yang tidak pernah terungkap.seolah tabu atau darah sunda adalah halal hal tsb tidak pernah disebut dalam sejarah indonesia yang memang tidak jujur dan sering memutar balik fakta.
    sejak jaman majapahit orang sunda sudah sering dilecehkan oleh jawa majapahit yang merasa superiur dari orang sunda sampai pada perang bubat jawa membantai sunda bagaikan membantai kambing potong.kebiasaan ini menurun pada demak dan malaka yang dibawah kekuasaan demak.demak membantai sunda di banten dan terjadi genosida bahkan bahasa banten pantai pun jadi bahasa jawa hal yang sama dialami sunda kelapa.orang sunda dibantai habis bahasa sunda tidak ada lagi jadi bahasa melayu dipinggiran jakarta dijadikan basis jawa dan berbahasa betawi orak.
    perempuan sunda boleh dijadikan gundik tak perlu dinikahi sebagai mana kultur budaya majapahit dan mereka melecehkan dengan nama sundal.atau sundel yang kemudian jadi hinaan sebagai “sundel bolong”perempuan jahat,perempuan tidak benar,perempuan busuk,perempuan penghisap darah dst
    bila ada yang jatuh cinta dengan wanita sunda orang betawi sering mengatakan awas dieret sunda,wanita sunda pengeretan.awas diguna guna sunda hati hati makan dirumah sunda dst dst
    disamping membantai orangnya bahasa sunda sudah mati di sunda kelapa dibantai oleh melayu dari malaka dibawah pimpinan falatihan dari demak dibantu tentara malaka(melayu/malaysia)sebagian besar sunda pantai utara dibasmi dibantai muslim sehingga kini seluruh pantai utara tiada lagi sunda.dan kata pejajaran buat sunda merupakan kerajaan yang agung.tetapi buat orang melayu jakatra (kemudian jadi betawi)dan jawa pantura pejajaran adalah makian hal ini masih terkadang terdengar di betawi yang sudah lenyap sundanya bila orang betawi memaki orang”dasar pejajaran sialan loe”bila melihat sesuatu yang ganjil misalnya meteor(bintang jatuh dengan api berekor)maka orang betawi mengatakannya itu beraja api teluh pekerjaan setan pejajaran.
    dan masih banyak lainnya.
    kebiasaan menjagal sunda tidak berahir pada masa pengislaman jawa barat saja tapi terus berlangsung hingga jaman merdeka dimana penguasa banyak jawa sang ratu adil telah tiada
    maka oto iskandar dinata(otista)di comot/diculik dilenyapkan dipenggal kepalanya oleh laskar islam(laskar hitam)di banten!!yang nyuruh laskar hitam atau sang dalang tidak terungkap.
    disamping otista masih ada lagi tokoh sunda yang dilenyapkan yaitu:
    ukar barata kusumah
    niti somantri dan
    puradiredja.mereka korban penghilangan paksa jaman merdeka
    sampai detik ini sunda tidak pernah diakui setulus hati.celakanya banyak orang sunda yang menganggap jayakarta pahlawannya,
    sungguh tragis.nasib sunda!!!!

  53. assalamualaikum …
    saya anwar sy mendapat cerita dr bibi sy bahwa kami adalah keturunan dr kesultanan banten tetapi keluarga kami sudah tdk pernah lg mempermasalahkan keturunan tsb, yg terakhir mengetahui mungkin hanya alm. kakek kami, kalau boleh mungkin ada yg memiliki silsilah tsb sy hanya ingin mengetahui saja. mungkin ada yg memiliki mohon di email ke argendane@gmail.com. terima kasih..

  54. Mas habib al hadad yang mudah-mudahan di mulyakan oleh Alloh.
    Uraian yang anda sampaiakan seolah-olah mengandung suatu kebenaran, tapi kalau di kaji secara mendalam lebih bersifat tendensius dan bersifat mengadu domba.
    Sejarah dibuktikan oleh dua hal :
    1.Bukti sejarah : Bangunan ( candi,masjid ), Prasasti , tugu,Makam dll.
    2.Tulisan, Buku untuk bukti ini perlu dikaji mendalam siapa penulisannya, kapan ditulis dan tujuan apa ditulis.Karena tulisan ini perlu dikaji mendalamtentang kebanarannya di cros cek deng bukti sejarah yang lain.
    Kalau keterangan saudara hanya berdasarkan cerita yang tidak berujung pangkal bias dan tentulah tidak elok disampaikan oleh habib seperti saudara .
    Ada beberapa tulisan yang muncul di abad ke XVI dan XVII yang isinya mendiskriditkan orang ISLAM . contoh : serat darmogandul yang mengungkap tetang kekejaman orang islam pada orang hindu yang setelah dikaji mendalam lebih jauh hanya berupa kebohongan yang berniat mengadu domba.
    Apakah keterangan saudara itu hanya kebohongan atau kebenaran,saya tunggu bukti yang berupa perangkat keras maupun perangkat lunak ,kita kaji kebenarannya dengan buti sejarah lain.
    Jangan-jangan ente ini hanya ” habib-habib” an.

  55. Assalamu’alikum wr. wb.

    Salam kenal semuanya,
    Saya Saifuddin ingin mengetahui silsilah dari Ibu. Nama ibu saya : Suwarsih binti R. Suwanta Wijaya bin R. Abubakar bin R. H. Muhammad Tohir. Mereka di makamkan di Cimahpar Bogor. Saya mohon bantuan dari semuanya bila ada yang mengetahui silsilah lengkap dari R. H. Muhammad Tohir.
    Tujuan saya tidak lain untuk menyambung tali silaturrahmi.

    Wassalamu’laikum wr. wb

  56. alhamdulliah sy juga masih termasuk keluarga dari kesultanan banten tapi dari ibu bernama Ratu Halimatussyadiah binti KH. Tb. Hasan Muzana bin Tb. M. Yahya.

  57. ass.wr.wb.
    apabila berkenan, saya ingin jelas juga tentang ketrurunan atu Winaon. mohon dijelaskan,
    terimakasih

  58. Assalamualaikum… Wr Wb

    salam kenal…

    Saya, syahrudin said yang ingin sekali merajut kembali ikatan keluarga kami dengan keluarga besar kesultanan banten, saya masih memiliki nasab dengan sultan yang dibuang oleh VOC ke kepulauan Banda Naira (Indonesia Timur) pada zaman perjuangan dahulu, Sulton yang dibuang oleh VOC itu bernama “Sulton Afifudin” mungkin ada yang bisa memberikan pencerahan untuk memperkuat tali silaturahmi keluarga besar kesultanan Banten

    • ASALAMUALAIKUM
      SALAM KENAL BUYUT SAYA BERNAMA NYAI FATIMA ASLI BANTEN SUDAH ALMARHUM WAKTU MASIH ADA KAMI ZIARAH KE SULTAN HASANUDIN BISA LANGSUNG MASUK PUSARANYA AKAN TETAPI SEKERANG SUDAH TDAK BISA LAGI DLU WAKTU NENEK SAYA ZIARAH ADA BUKU BESAR DI MAKAM SULTAN HASANUDIN SAYA WAKTU KECIK TERINGAT AKAN KILATAN CAHAYA YG SAMPAI KE MULUT SAYA BERWARNA KUNIG KEEMASAN SEPERTI SABIT DAN SETELAH BEBERAPA TAHUN SAYA DI IMPIKAN PUSARA SUNAN GUNUNG JATI JKALAU ADA YG MENGERTI DAN PAHAM MHON PETUNJUKYA TRIMS waalaikum salam w r

    • Assalamualaikum w.b.k.

      Saya, nama sebenar Mohamad Khalid bin Abdullah bin Kiyai Mohamad Asif Al-Bantani. Tinggal di no.12, Taman Tapah Indah 1, Jalan Pahang, 35000 Tapah, Malaysia. Asal dari Kampung Selabak, Teluk Intan, Perak.
      Kami sedang mengumpul profil & maklumat asal-usul silsilah keturunan kami yang berasal dari Banten.
      Embah kami, iaitu Kiyai Asif Al-Bantani semasa hidupnya enggan memaklum tentang riwayat hidupnya yang sebanar. Dari rakan-rakannya yang semasa beliau dapat diketahui bahawa beliau menukar-nukar nama beberapa kali kerana ujar mereka, beliau jadi buronan Belanda.
      Jutru, kami mohon pertolongan anda Sdr. Syahrudin Said (moga-moga bok menawi kito ki sedulur) hantarkan apa-apa maklumat yang ada mengenai Sultan Hasanudin atau apa-apa sahaja yang bisa membantu mengetahui silsilah nasab kesultanan Banten yang terakhir.
      Mudah-mudahan ini permulaan kita menjalin sillaturahmi dan saling berhubung untuk seterusnya, Insya Allah !.
      (click facebook dan cari Assalabaqie)

  59. assalamu;alaikum Wr.Wb.
    mohon maaf sebelumnya..saya keturunan dari haji muhammad asnawi salah satu pejuang dari banten yang di buang oleh belanda ke minahasa pada waktu pemberontakan di cilegon. untuk itu saya memohon bantuan dari sdra-sdra yg di banten untuk membantu saya menemukan keterangan mengenai silsilah keturunan dari mbah haji muhammad asnawi tersebut. sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas bantuannya.

  60. n.b. saya berasal dari minahasa tepatnya di kecamatan tondano, tempat dibuangnya beberapa pahlawan pada perang diponegoro salah satunya ialah kiay modjo. yg telah membangun suatu perkampungan yg di beri nama kampung jawa. trim’s Wassalam.

  61. apa sekarang bangunan” tersebut
    masih utuh…???

  62. Mas/mbak, Danu mau tnya,,, Siapa nama raja atau sultan yg ke-10 di kerajaan Banten? jwb ya ni sgt penting buat pnymbuhan mamang Danu… please,,,

  63. saparudin brahma kumbara
    la ilahailaLLAHu wahdahula syarikallahu, lahulmulku walahulhamduyuhyii wahuwa ala qully syaiin Q0diirrrr

  64. Assalamu’alaikum…..sy asli keturunan banten tpat’y kturunan dari syeh jalaludin/buyut kati tonjong banten,saya mau menanyakan tentang cerita syeh SULTAN HASANUDIN & PUCUK UMUN yg konon prnh beradu kesaktian,mohon d ceritakan.terima kasih….

  65. Thanks for sharing your info. I really appreciate your efforts and
    I will be waiting for your next post thank you once again.

  66. Do you mind if I quote a couple of your posts as long as I provide credit and sources back to your weblog?
    My blog site is in the exact same area of interest as yours
    and my visitors would genuinely benefit from some of the information you present here.
    Please let me know if this ok with you. Thank you!

  67. I am actually grateful to the owner of this web site who has shared this fantastic post at here.

Kantunkeun Balesan

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Robih )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Robih )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Robih )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Robih )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 30 other followers

%d bloggers like this: